Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Serius Nih! AS, Australia dan Inggris Rambah Kerja Sama Senjata Hipersonik

Kemitraan trilateral antara Australia, Inggris, dan Amerika Serikat (AUKUS) bertujuan untuk mengembangkan senjata hipersonik dalam rangka menjaga stabilitas keamanan di kawasan Indo Pasifik.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 13 April 2022  |  14:46 WIB
Serius Nih! AS, Australia dan Inggris Rambah Kerja Sama Senjata Hipersonik
Ilustrasi rudal hipersonik - Antara/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kemitraan trilateral antara Australia, Inggris, dan Amerika Serikat (AUKUS) melaporkan kerja sama baru di bidang senjata hipersonik dan kontra hipersonik.

Dengan tujuan untuk menjaga stabilitas keamanan di kawasan Indo Pasifik, kemitraan ini memperdalam kerja sama dalam berbagai teknologi keamanan dan pertahanan.

Kerja sama baru tersebut juga meliputi peningkatan kemampuan peperangan elektronik serta memperluas pertukaran informasi dan memperdalam kerja sama dalam inovasi pertahanan.

Potensi kerja sama lainnya termasuk di bidang dunia siber, kecerdasan buatan, teknologi kuantum, dan kemampuan bawah air tambahan.

Melalui, pernyataan tertulis Kedutaan Besar Inggris di Jakarta pada Rabu (13/4/2022), kolaborasi tersebut juga telah membuahkan kemajuan dalam mengidentifikasi cara yang optimal untuk operasi kapal selam bertenaga nuklir yang bersenjata konvensional kepada Angkatan Laut Australia.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengatakan AUKUS menjalankan kewajiban mereka di bawah Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir dengan sangat serius.

"Kami akan terus terlibat secara aktif dengan Indonesia untuk membentuk masa depan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang terbuka, stabil, dan inklusif, dengan Asean sebagai pusatnya," ujarnya.

Komitmen bersama ini juga disebut sebagai tanggapan terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat inggris senjata australia
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top