Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jelang Hasil Sidang Isbat, Ini Doa yang Diucapkan Rasulullah SAW saat Awal Ramadan 

Ini doa yang diucapkan Rasulullah SAW saat awal Ramadan. Sebaiknya segera dibaca jelang pengumuman hasil sidang Isbat puasa Ramadan 1442 Hijriah.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 01 April 2022  |  18:23 WIB
Jelang Hasil Sidang Isbat, Ini Doa yang Diucapkan Rasulullah SAW saat Awal Ramadan 
Ilustrasi berdoa setelah membaca Al-Quran - nu.or.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – 1 Ramadan 1443 Hijriah sudah di depan mata. Masyarakat muslim di Indonesia sedang menunggu jelang pengumuman hasil sidang Isbat yang akan disampaikan pada Jumat malam (1/4/2022). Umat Islam dianjurkan dengan membaca doa saat awal puasa tiba, seperti yang dilakukan Rasulullah SAW memohon doa kepada Allah SWT.

Pada saat melihat hilal awal Ramadan, Nabi Muhammad memanjatkan doa-doa dalam rangka menyambut bulan puasa.

Lalu hal itu membuat Imam al-Nawawi dalam al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab mensunnahkan membaca doa ketika melihat hilal atau mengetahui tanda awal Ramadhan dan berikut do’a saat menyambut Ramadan:


Allâhumma ahillahu ‘alainâ bil yumni wal îmani was salâmati wal islâm. Rabbî wa rabbukallâh

Artinya : “Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.”

Seperti dikutip Islam.nu.or.id pada Jumat (1/4/2022), doa ini dianjurkan dibaca ketika hilal sudah terlihat dan dalam kisah Thalhah Ibn ‘Ubaidillah mengatakan bahwa Nabi SAW saat melihat hilal membaca doa di atas.

Selain doa diatas Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailami meriwayatkan doa Rasulullah saat menyambut Ramadan tiba:


Allahumma sallimni li Ramadhana, wa sallim Ramadhana li, wa sallimhu minni.

Artinya : “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

Adapun, doa permohonan Rasulullah SAW menjelang Ramadan yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud:

Hilalu rusydin wa khairin (2 kali), amantu bil ladzi khalaqaka, (3 kali), alhamdulillahil ladzi dzahaba bi syahri kadza, wa ja’a bi syahri kadza.

Artinya : “Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini,” (HR Abu Dawud).

Dengan membaca doa tersebut, harapannya agar umur kita dipanjangkan oleh Allah SWT sehingga dapat menjalankan ibadah puasa penuh dalam sebulan penuh dan diberi kesehatan, Wallahu a’lam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa Ramadan nabi muhammad sidang isbat
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top