Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadhan 2022, Menteri Agama: Minggu 3 April Mulai Puasa!

Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah pada Minggu, 3 April 2022.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas./Istimewa
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) resmi menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah pada Minggu, 3 April 2022 sehingga umat muslim sudah dapat melaksanakan ibadah puasa pada hari tersebut.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebutkan bahwa ibadah tarawih sudah dapat dilakukan pada besok malam, Sabtu (2/4/2022), sementara ibadah puasa dapat dilakukan pada esok hari, Minggu (3/4/2022).

“Sidang tadi sudah selesai dilaksanakan, siding diawali oleh pemaparan hilal yang disampaikan menjelang Magrib oleh pakar astronomi yang juga anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag, Profesor H. Thomas Djamaluddin bahwa ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada posisi antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit,” katanya, dikutip melalui laman Youtube Kemenag RI, Jumat (1/4/2022).

Yaqut melanjutkan bahwa dalam pelaksanaan siding Isbat Kementerian Agama (Kemenag) menggunakan dua metode yaitu hisab (perhitungan) dan ruhyat (melihat langsung hilal).

“Metode ini saling melengkapi, karena kedua metode ini sama pentingnya,” ujarnya.

Dia mengatakan, laporan sejumlah Kemenag di daerah yang ditempatkan di 101 titik ruhyat di 34 Provinsi di Indonesia, di mana keseluruhan titik melaporkan tidak melihat hilal.

“Berdasarkan hal tersebut secara mufakat 1 Ramadan 1443 H akan jatuh pada Ahad (Minggu), 3 April 2022 Masehi dan tentu kita berharap dengan hasil ini seluruh umat islam dapat menjalankan ibadah puasa secara bersama,” tuturnya.

Sekadar informasi, sidang Isbat (penetapan) Awal Ramadan 1443 Hijriah hari ini, Jumat 1 April 2022.

Adapun, sebelum Sidang Isbat dilaksanakan, organisasi keagamaan Muhammadiyah sudah lebih dahulu menetapkan jadwal puasa dan imsakiyah Ramadan 1443 Hijriah atau 2022.

Muhammadiyah telah menetapkan jadwal awal puasa Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu, 2 April 2022. Penetapan jadwal puasa itu dilakukan lewat Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Adapun dalam maklumat tersebut, juga ditetapkan mengenai 1 Syawal 1443 H yang ditetapkan pada Senin, 2 Mei 2022. Penetapan awal Ramadan dan Syawal 1443 Hijriah tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Selain penetapan awal puasa, Muhammadiyah juga telah menerbitkan jadwal imsakiyah pada 8 Maret 2022 yang disusun oleh Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr Oman Fathurohman. Metode hisab untuk menentukan jadwal imsakiyah yang dipakai Muhammadiyah tersebut memperhitungkan posisi lintang dan bujur daerah.

Selain itu, yang membedakan dengan lembaga lain adalah digunakannya perhitungan tinggi daerah yang dihisab.

Awal waktu subuh dan imsak dalam jadwal puasa Ramadhan tersebut dihitung memakai kriteria awal waktu subuh hasil Munas Tarjih Muhammadiyah ke-31, 2020, yakni awal waktu subuh ditentukan karena ketingggian Matahari ada pada posisi -18 derajat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper