Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Perbedaan Pangkat Polisi, Komjen, Kombes, dan Kompol

Ini Perbedaan Pangkat Polisi, Komjen, Kombes, dan Kompol
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Maret 2022  |  16:33 WIB
Ilustrasi - JIBIPhoto
Ilustrasi - JIBIPhoto

Bisnis.com, JAKARTA - Struktur jabatan dan pangkat Kepolisian Republik Indonesia (Polri) resmi mulai diberlakukan sejak 1 Januari 20021. Sebelumnya, pembagian struktur pangkat polisi masih tergabung dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Lebih lanjut, aturan tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Polri tertuang dalam Pasal 3 Peraturan Kepala Polri Nomor 3 Tahun 2016.

Dalam aturan tersebut, terdapat tiga golongan utama dalam struktur pangkat polisi, meliputi Perwira, Bintara, dan Tamtama. Pada golongan Perwira, lalu terbagi lagi menjadi tiga sub-golongan utama: Perwira Tinggi, Perwira Menengah, dan Perwira Pertama. Di dalam struktur Perwira Menengah salah satu di antaranya terdapat pangkat polisi Komisaris Besar (Kombes) dan Komisaris Polisi (Kompol).
Perbedaan Pangkat Polisi Kombes, Komjen, dan Kompol

Sementara Komisaris Jenderal Polisi (Komjen) berada di struktur Perwira Tinggi bersama Jenderal Polisi, Irjen, dan Brigjen. Dalam artikel ini, akan diulas seputar perbedaan utama antara pangkat polisi Komjen, Kombes, dan Kompol, seperti dirangkum Tempo dari laman resmi Polri.go.id:

Komisaris Jenderal Polisi (Komjen)

Pangkat polisi Komjen berada di urutan kedua di bawah Jenderal Polisi pada golongan Perwira Tinggi. Setelah Komjen, pun terdapat pangkat polisi Irjen dan Brigjen. Pangkat Komjen ini, setara dengan Letnan Jenderal, Laksamana Madya, dan Marsekal Madya pada struktur kepangkatan TNI. Sebelum 2001, pangkat ini disebut sebagai Letnan Jenderal Polisi.

Secara umum di lingkungan Polri, jabatan yang ditempati Komjen berupa Kepala BNN, Wakapolri, hingga Kabaintelkam. Namun setelah direstrukturisasi, pemegang Komjen bertambah seperti Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan maupun Kepala Badan Intelijen dan Keamanan. Sedangkan pada jabatan di luar lingkungan Polri, Komjen menduduki Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polisi
Sumber : Tempo
Editor : Andhika Anggoro Wening

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top