Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-26: China Bantah Tudingan AS, David Beckham Bantu Ukraina

Berikut update kejadian perang Rusia vs Ukraina hari ke-26. China bantah tudingan Amerika Serikat (AS) hingga cara David Beckham bantu Ukraina.
Pasukan pro-Rusia saat konflik Ukraina-Rusia mengerahkan tank di kota Mariupol, Ukraina/The Guardian
Pasukan pro-Rusia saat konflik Ukraina-Rusia mengerahkan tank di kota Mariupol, Ukraina/The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA – Perang Rusia vs Ukraina sudah terjadi hingga hari ke-26. Namun, baik Rusia maupun Ukraina masih belum menunjukan tanda-tanda menyerah.

Bantuan kemanusiaan terus datang dari berbagai pihak salah satunya dari pemain sepak bola terkenal David Beckham yang telah memberikan akses akun Instagram-nya kepada seorang dokter Ukraina yang bekerja di Kharkiv.

Sepanjang hari Minggu (20/3/2022), Instagram Stories mantan pesepakbola Manchester United itu dibanjiri video dan foto-foto kejadian di tengah konflik Rusia vs Ukraina.

Selain itu, berikut update yang terjadi pada Rusia vs Ukraina hari ke-26 secara lengkap yang dilansir The Guardian pada Senin (21/3/2022).

Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-26

1. Mariupol Masih Tegak Berdiri

Penolakan permintaan agar Mariupol menyerah pada pukul 5 pagi waktu Moskow (2 pagi GMT/ 10 malam ET) pada hari Senin (21/3/2022).

Hal ini terlihat pada statement Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk yang mengatakan bahwa tidak ada pembicaraan tentang penyerahan apapun dan pihak Rusia sudah diberitahu akan hal ini.

2. Jenderal Rusia Beri Perintah “Menyerah”

Kolonel Jenderal Rusia Mikhail Mizinstev telah mengatakan kepada para pembela kota untuk meletakan senjatanya. Dia menambahkan jika Mariupol menyerah maka jalan kemanusiaan akan ditempuh mulai pukul 10 pagi waktu Moskov pada hari senin.

3. Pertemuan Para Petinggi di Brussel

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan melakukan perjalanan menuju Polandia pada pekan ini untuk membahas upaya internasionalnya untuk mendukung Ukraina dan mendesak ukraina dengan membuat sanksi yang lebih parah kepada Rusia. Pembicaraan ini akan disusul dengan pertemuan Biden di Brussel Belgia dengan sekutu NATO, pemimpin G7 dan pemimpin Uni Eropa.

4. Usaha Negosiasi Presiden Ukraina Kepada Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan bahwa jika negosiasi nya dengan Rusia gagal maka akan nada “Perang Dunia ke-3”. Dia juga mengatakan akan melakukan format apapun dan peluang apapun untuk negosiasi ini.

5. Pidato Tantangan Zelenskiy untuk Israel

Zelenskiy berpidato tanpa kompromi di depan parlemen untuk mengatakan tantangan terhadap Israel atas kegagalan menjatuhkan sanksi terhadap Rusia

5. Empat Korban Penembakan di Kyiv

Empat orang tewas setelah kejadian penembakan rumah dan distrik perbelanjaan Kyiv. Terlihat dari video yang menunjukkan petugas pemadam kebakaran menyelamatkan orang-orang yang terperangkap di puing-puing pusat perbelanjaan Retroville dan Podilskiy.

6. Penculikan oleh Pasukan Rusia

Juru Bicara HAM Ukraina Lyudmyla Denisova mengatakan bahwa pasukan Rusia telah menculik penduduk dan dibawa ke Rusia.

“Beberapa ribu penduduk Mariupol telah dideportasi ke Rusia,” katanya di Telegram.

Setelah diproses di “kamp filtrasi”, beberapa telah diangkut ke kota Taganrog di Rusia, sekitar 100 kilometer dari Mariupol, dan dari sana dikirim dengan kereta api ke berbagai kota yang tertekan secara ekonomi di Rusi.

7. Serangan Sekolah Seni Tempat Berlindung Warga di Mariupol

Dewan kota Mariupol mengatakan Rusia sudah mengebom sekolah seni yang merupakan tempat berlindung 400 warga sipil termasuk anak-anak. Dalam hal ini belum ada jumlah pasti korban yang terjatuh.

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-26: China Bantah Tudingan AS, David Beckham Bantu Ukraina

8. Ratusan Warga Ukraina Tewas

Seperempat populasi telah meninggalkan Ukraina kata kepala badan pengungsi PBB, UNHCR, pada hari Minggu. Dan sedikitnya 902 warga sipil tewas dan 1.459 terluka di Ukraina pada Sabtu tengah malam waktu setempat. Parlemen Ukraina mengatakan 115 anak-anak Ukraina telah tewas dan sedikitnya 140 lainnya terluka.

9. China Bantah Tuduhan Amerika Serikat

Duta Besar China untuk AS mengatakan negaranya tidak mengirim senjata ke Rusia untuk digunakan di Ukraina. Dia mengatakan China mengirim makanan, kantong tidur, dan bantuan lainnya. Namun, China tidak secara definitif mengesampingkan kemungkinan Beijing akan melakukannya di masa depan.

"Bukan senjata dan amunisi ke pihak mana pun," ujarnya.

10. Kesepakatan Kontrak Pasokan Gas Alam Cair Jerman dan Qatar

Jerman telah menyetujui kontrak dengan Qatar untuk pasokan gas alam cair (LNG) yang akan membantu negara Eropa melepaskan ketergantungannya pada energi Rusia.

Diperlukan waktu beberapa tahun agar kesepakatan tersebut dapat berlaku penuh karena Jerman tidak memiliki terminal untuk pengiriman LNG. Sementara itu, Arab Saudi mengatakan sedang meningkatkan produksi minyak untuk memenuhi permintaan global.

11. Paus Fransiskus Tanggapi Konflik Rusia vs Ukraina

Berbicara kepada puluhan ribu orang di Lapangan Santo Petrus di Roma, Paus Fransiskus berpidato untuk pemberkatan Mingguannya dan meminta para pemimpin untuk menghentikan “perang yang menjijikkan ini”.

12. Spekulasi Menlu Turki Klaim Perdamaian Sudah Dekat

Menteri luar negeri Turki Mevlüt avusoglu telah mengklaim kesepakatan damai antara Rusia dan Ukraina sudah. Meskipun ada skeptisisme dari pemerintah barat, tetapi duta besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan pada hari Minggu bahwa ada sedikit harapan segera untuk mengakhiri perang yang dirundingkan.

13. Partai Politik Ukraina yang Berhubungan Dengan Rusia Diberantas

Menurut Zelenskiy, ada Sebelas partai politik Ukraina telah ditangguhkan karena hubungan mereka dengan Rusia. Dewan keamanan dan pertahanan nasional negara itu mengambil keputusan untuk melarang partai-partai itu dari aktivitas politik apa pun.

Dampak akan hal ini memang kecil, akan tetapi salah satunya merupakan Platform Oposisi untuk Kehidupan yang memiliki 44 kursi di parlemen Ukraina dari total 450 kursi.

14. David Beckham Beri Akses IG untuk Dokter Ukraina

David Beckham telah menyerahkan kendali atas akun Instagram miliknya kepada seorang dokter Ukraina yang bekerja di kota Kharkiv.

Sepanjang Minggu (20/3/2022), Instagram Stories mantan pesepakbola itu dibanjiri video dan foto yang mengikuti Iryna, seorang ahli anestesi anak dan kepala pusat perinatal regional Kharkiv.

Iryna menunjukkan kepada 71,5 juta pengikut Beckham ruang bawah tanah yang sempit tempat semua wanita hamil dan ibu baru dievakuasi selama hari pertama invasi Rusia. Dia memposting foto bayi baru lahir di unit perawatan intensif, di mana mereka mengandalkan generator oksigen yang disumbangkan oleh Unicef.

Dalam satu klip, Iryna memfilmkan seorang ibu muda, Yana, menggendong putranya, Mykhailo, yang lahir dengan masalah pernapasan, dan rumah keluarganya hancur akibat serangan Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper