Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Bulan Ramadan, Ini Tata Cara Puasa Nisfu Syaban dan Jadwalnya di 2022

Manfaat melaksanakan puasa sunnah di malam nisfu Syaban adalah mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW kelak di hari kiamat.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Bulan Sya’ban merupakan bulan yang dipenuhi rahmat dan keberkahan bagi umat Islam. Oleh karena itu umat islam dianjurkan memperbanyak amalan dan terutama pada malam nisfu syaban.

Waktu yang dimuliakan pada bulan syaban adalah pada pertengahan bulan ini yang biasa disebut dengan malam nisfu Sya’ban yang jatuh pada 15 syaban dan bertepatan dengan 18 Maret 2022, hal ini juga dijelaskan keistimewaan malam nisfu Sya’ban pada kitab Qalyûbî wa ‘Umairah sebagai berikut :

“Disunnahkan menghidupkan malam hari raya, Idulfitri dan Iduladha, dengan berdzikir dan shalat, khususnya shalat tasbih. Sekurang-kurangnya adalah mengerjakan shalat Isya berjamaah dan membulatkan tekad untuk shalat Shubuh berjamaah. Amalan ini juga baik dilakukan di malam Nisfu Sya’ban, awal malam bulan Rajab, dan malam Jumat karena pada malam-malam tersebut doa dikabulkan.”

Puasa nisfu Sya’ban tidak boleh dilakukan setelah melewati bulan pertengahan Sya’ban, karena dalam hadits Nabi yang diriwayatkan Abu Hurairah ra, “Rasulullah SAW bersabda: ‘Ketika Sya’ban sudah melewati separuh bulan, maka janganlah kalian berpuasa’.” (HR Imam Lima: Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa’i, dan Ibnu Majah) dikutip dari Nu.or.id.

Manfaat dari melaksanakan puasa sunnah di malam nisfu Sya’ban ini adalah akan mendapatkan syafa’at dari Rasulullah SAW kelak di hari kiamat, seperti yang dijelaskan yekh Nawawi al-Bantani dalam Nihâyatuz Zain fi Irsyâdil Mubtadi-în :

“Puasa sunnah yang keduabelas adalah Puasa Sya’ban, karena kecintaan Rasulullah saw terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat belau di hari kiamat.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper