Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ke-17 Invasi: Rusia Makin Maju, Mariupol Dikepung!

Mariupol terus dikepung tentara Rusia, meski pasukan Ukraina terus bertahan.
Pasukan Rusia menggunakan tank dan senjata untuk membombardir kota-kota di Ukraina/Ukrinform.net
Pasukan Rusia menggunakan tank dan senjata untuk membombardir kota-kota di Ukraina/Ukrinform.net

Bisnis.com, JAKARTA – Invasi Rusia ke Ukraina telah masuk hari ke-17 per 13 Maret 2022 sejak Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pasukannya untuk melakukan serangan sejak Kamis 24 Februari 2022 melalui gempuran dari tiga arah; udara, darat, dan laut.

Dikutip melalui laman militaryland, hari ke-17 invasi Rusia ke Ukraina masih dalam keadaan situasi tetap tegang, sebab pasukan Ukraina sedang melakukan operasi untuk menstabilkan garis depan.

Situasi terburuk adalah di Mariupol yang terkepung, tetapi pasukan Ukraina terus bertahan. Tentara Belarusia telah memperkuat pasukannya di perbatasan dengan Ukraina dan mengerahkan UAV untuk memantau situasi.

Adapun, di garis depan Polandia termasuk Oblast Kyiv tidak ada perubahan signifikan di kedua sisi Sungai Dnieper. Evakuasi warga berlanjut hari ini dari Irpin dan Bucha.

Pasukan Rusia mendorong ke selatan dari Nova Basan, tetapi lokasi pasti mereka saat ini tidak diketahui. Mereka kemungkinan besar akan mencoba memblokir jalan raya Kyiv–Poltava.

Sementara itu, di Zhytomyr, pihak berwenang Ukraina menyatakan ada ancaman sabotase, target utama adalah fasilitas militer dan infrastruktur utama seperti jembatan.

Lebih lanjut, di garis depan Utara termasuk Chernhiv, pasukan Ukraina melancarkan serangan balik dan merebut beberapa desa sebagai hasilnya. Namun, tidak ada nama yang dirilis ke publik agar tidak menghambat operasi yang sedang berlangsung. Juga telah dikonfirmasi bahwa tidak ada musuh di Nizhyn dan Unit Pertahanan Teritorial Ukraina hadir di kota.

Selanjutnya, di Sumy koridor kemanusiaan telah dibuka hari ini dari Sumy ke Poltava. Pasukan Rusia menyerang kendaraan sipil yang meninggalkan kota pada sore hari. Belakangan diklarifikasi bahwa mereka tidak menggunakan koridor yang disepakati.

Untuk garis depan Sloboda termasuk Kharkiv pasukan Rusia terus menembaki Kharkiv, tidak ada pergerakan yang dilaporkan sepanjang hari, sedanngkan di Luhansk pasukan Rusia mencoba memasuki Sievierodonetsk dan Rubizhne hari ini.

Namun, pasukan Ukraina dilaporkan telah berhasil menangkis serangan itu. Pertempuran juga telah dilaporkan dari Popasna dan Zolote, sementara garis epan pryazovia termasuk Donetsk disebutkan, pasukan Rusia berusaha menerobos garis Ukraina di dekat Avdiivka 

Kendati demikian, serangan itu tidak berhasil dan unit musuh mundur. Saat Volnovakha jatuh, pasukan Ukraina memusatkan pertahanannya di Velyka Novosilka sekarang. Tampaknya ada upaya pasukan Rusia untuk mendorong ke utara menuju Vuhledar dan Marinka.

Adapun, keadaan di Zaporizhzhia menyebutkan pasukan Rusia melanjutkan penembakan posisi Ukraina di dekat Zaporizhzhia. Sebuah jembatan di Kamyanske dihancurkan oleh tembakan artileri Rusia.

Selanjutnya, di Mariupol dilaporkan pasukan Rusia memasuki pinggiran Mariupol. Pasukan Ukraina menghancurkan setidaknya satu T-72B3 dan BTR-82A di dalam kota.

Beralih ke garis depan selatan, keadaan Mykolaiv saat ini mengatakan bahwa pasukan Rusia terus menembaki Mykolaiv, tetapi tidak ada upaya signifikan yang dilaporkan untuk memasuki kota.

Sementara itu, di Kherson pasukan Rusia tidak mencapai perbatasan administrasi Oblast Dnipropetrovsk. Mereka tampaknya memusatkan sebagian besar unitnya ke arah Mykolaiv.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper