Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transkrip Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II, Perayaan 70 Tahun Bertahta

Ratu Elizabeth menyebut periode pemerintahannya telah menjadi masa kemajuan luar biasa secara sosial, teknologi dan budaya.
 Ratu Elizabeth dan Pangeran William serta Catherine, Duchess of Cambridge, meninggalkan perayaan tahunan, Ibadah Paskah di Kapel St George di Kastil Windsor, Inggris, 1 April 2018./Reuters
Ratu Elizabeth dan Pangeran William serta Catherine, Duchess of Cambridge, meninggalkan perayaan tahunan, Ibadah Paskah di Kapel St George di Kastil Windsor, Inggris, 1 April 2018./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Ratu Elizabeth II memberikan pesan kepada rakyat Inggris saat perayaan ke-70 tahun masa kepemimpinannya. 

Menurut Ratu Elizabeth II periode pemerintahannya telah menjadi masa kemajuan luar biasa secara sosial, teknologi dan budaya. Adapun, dalam sistem monarki, peringatan 70 tahun raja atau ratu disebut dengan Yubileum Platinum atau Platinum Jubilee

Berikut transkrip lengkap Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II, mengutip The Guardian, Minggu (6/2/2022). 

Besok, 6 Februari, menandai peringatan 70 tahun naik takhta saya pada tahun 1952. Ini adalah hari di mana, bahkan setelah 70 tahun, saya masih mengingat kematian ayah saya, Raja George VI, dan juga awal pemerintahan saya.

Saat kita memperingati hari jadi ini, dengan senang hati saya memperbarui kepada Anda janji yang saya berikan pada tahun 1947 bahwa hidup saya akan selalu diabdikan untuk pelayanan Anda.

Saat saya melihat ke depan dengan rasa harapan dan optimisme untuk tahun yubileum platinum, saya diingatkan betapa banyak yang bisa kita syukuri. Tujuh dekade terakhir ini telah melihat kemajuan luar biasa secara sosial, teknologi dan budaya yang telah menguntungkan kita semua; dan saya yakin bahwa masa depan akan menawarkan kesempatan yang sama kepada kita dan khususnya generasi muda di Inggris Raya dan di seluruh Persemakmuran.

Saya beruntung memiliki dukungan yang teguh dan penuh kasih dari keluarga saya. Saya diberkati bahwa dengan Pangeran Philip, saya memiliki pasangan yang bersedia menjalankan peran sebagai permaisuri dan tanpa pamrih membuat pengorbanan yang menyertainya. Ini adalah peran yang saya lihat dilakukan ibu saya sendiri selama pemerintahan ayah saya.

Peringatan ini juga memberi saya waktu untuk merenungkan niat baik yang ditunjukkan kepada saya oleh orang-orang dari semua negara, agama, dan usia di negara ini dan di seluruh dunia selama bertahun-tahun. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua atas dukungan Anda. Saya tetap bersyukur selamanya, dan direndahkan oleh, kesetiaan dan kasih sayang yang terus Anda berikan kepada saya.

Dan ketika, pada waktunya, putra saya Charles menjadi Raja, saya tahu Anda akan memberinya dan istrinya Camilla dukungan yang sama seperti yang telah Anda berikan kepada saya; dan adalah harapan tulus saya bahwa, ketika saatnya tiba, Camilla akan dikenal sebagai Permaisuri saat dia melanjutkan pengabdiannya yang setia.

Dan karena saya berharap untuk terus melayani Anda dengan sepenuh hati, saya berharap Yobel ini akan menyatukan keluarga dan teman, tetangga dan komunitas – setelah beberapa masa sulit bagi banyak dari kita – untuk menikmati perayaan dan untuk merenungkan pada perkembangan positif dalam kehidupan kita sehari-hari yang begitu bahagia bertepatan dengan masa pemerintahan saya.

Pelayan Anda

Elizabeth R.

Adapun berikut transkrip versi asli platinum Jubilee Ratu Elizabeth dalam bahasa Inggris

Tomorrow, 6 February, marks the 70th anniversary of my accession in 1952. It is a day that, even after 70 years, I still remember as much for the death of my father, King George VI, as for the start of my reign.

As we mark this anniversary, it gives me pleasure to renew to you the pledge I gave in 1947 that my life will always be devoted to your service.

As I look ahead with a sense of hope and optimism to the year of my platinum jubilee, I am reminded of how much we can be thankful for. These last seven decades have seen extraordinary progress socially, technologically and culturally that have benefited us all; and I am confident that the future will offer similar opportunities to us and especially to the younger generations in the United Kingdom and throughout the Commonwealth.

I am fortunate to have had the steadfast and loving support of my family. I was blessed that in Prince Philip I had a partner willing to carry out the role of consort and unselfishly make the sacrifices that go with it. It is a role I saw my own mother perform during my father’s reign.

This anniversary also affords me a time to reflect on the goodwill shown to me by people of all nationalities, faiths and ages in this country and around the world over these years. I would like to express my thanks to you all for your support. I remain eternally grateful for, and humbled by, the loyalty and affection that you continue to give me.

And when, in the fullness of time, my son Charles becomes King, I know you will give him and his wife Camilla the same support that you have given me; and it is my sincere wish that, when that time comes, Camilla will be known as Queen Consort as she continues her own loyal service.

And so as I look forward to continuing to serve you with all my heart, I hope this jubilee will bring together families and friends, neighbours and communities – after some difficult times for so many of us – in order to enjoy the celebrations and to reflect on the positive developments in our day-to-day lives that have so happily coincided with my reign.

Your Servant

Elizabeth R.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : The Guardian
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper