Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Pangeran Andrew, Putra Ratu Elizabeth II yang Kehilangan Gelar Kerajaan

Berikut profil Pangeran Andrew, putra Ratu Elizabeth II yang kehilangan gelar kerajaan seperti dilansir dari situs Britannica pada Jumat (14/1/2022).
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Andrew/New York Post
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Andrew/New York Post

Bisnis.com, Jakarta – Nama Pangeran Andrew kembali mencuat karena pencopotan gelar kerajaan dan kepangkatan militer miliknya oleh Kerajaan Inggris. Hal itu dilakukan karena kasus kekerasan seksual yang dituduhkan kepada Pangeran Andrew saat di Amerika Serikat (AS).

Tuduhan kekerasan seksual ini sudah dituduhkan kepada Pangeran Andrew sejak beberapa tahun lalu. Namun, dia terus membantah jika dirinya melakukan tindakan kekerasan seksual.

Berikut profil Pangeran Andrew yang dilansir dari situs Britannica pada Jumat (14/1/2022).

1. Anak Ketiga dari Ratu Elizabeth II

Pangeran Andrew lahir pada 9 Februari 1960 di Istana Buckingham, London. Dirinya memiliki nama lengkap Andrew Albert Christian Edward, Duke of York, Earl Inverness, dan Baron Killyleagh.

Andrew lahir sebagai anak ketiga dari Ratu Elizabeth II dan anak pertama yang lahir dari seorang raja Inggris yang berkuasa sejak 1857. Dirinya memiliki kakak bernama Pangeran Charles dan Putri Anne, serta memiliki satu adik bernama Pangeran Edward.

2. Mendapat Gelar Duke of York Setelah Menikah

Pangeran Andrew melepas masa lajangnya dengan menikahi perempuan Sarah Ferguson. Pernikahan ini berlangsung pada pada 23 Juli 1986.

Pada hari pernikahannya, Pangeran Andrew diberikan gelar Duke of York oleh kerajaan. Gelar yang secara tradisional dibawa oleh putra kedua raja Inggris dan dipegang seumur hidup. Duke of York sebelumnya adalah kakeknya, Raja George VI. Sebelum Edward VIII turun takhta pada 1936.

3. Memiliki 2 Putri

Pangeran Andrew dan Sarah Fergusoan dikarunia dengan dua putri. Anak pertama mereka dinamai dengan nama Putri Beatrice, lahir 8 Agustus 1988. Anak kedua mereka diberi nama Putri Eugenie, lahir 23 Maret 1990. Namun, pasangan berpisah pada 1992 dan resmi bercerai pada 1996.

4. Aktif Dibidang Militer sejak Remaja

Setelah menyelesaikan pendidikan menengahnya, Pangeran Andrew memasuki Britannia Royal Naval College (BRNC), Dartmouth, pada 979 untuk berlatih sebagai perwira angkatan laut.

Andrew menyelesaikan kursus di BRNC pada 1980. Dia kemudian menjalani pelatihan pilot di kedua pesawat sayap tetap dan helikopter dan menerima sayap pilotnya pada 1981.

Tahun berikutnya, sebagai subletnan Angkatan Laut Kerajaan yang ditugaskan di HMS Invincible, dia menerbangkan misi helikopter di Perang Kepulauan Falkland. Dia pensiun pada 2001 dengan pangkat komandan tetapi mempertahankan afiliasi angkatan laut, mencapai pangkat kehormatan wakil laksamana pada 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper