Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korut Kembali Uji Coba Rudal Jelajah Jarak Jauh

Pengembangan rudal memberikan nilai strategis yang sangat penting sebagai sarana pencegahan yang efektif dan lebih andal menjamin keamanan Korut.
Rudal balistik Korea Utara/reuters
Rudal balistik Korea Utara/reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Utara (Korut) sukses melakukan uji coba rudal jelajah jarak jauh selama akhir pekan di tengah kebuntuan yang berlarut-larut dengan Amerika Serikat (AS) terkait denuklirisasi.

Media pemerintah Korut, KCNA melaporkan rudal-rudal itu terbang 1.500 km sebelum mengenai target dan jatuh ke perairan teritorial negara itu selama tes yang diadakan pada hari Sabtu dan Minggu, menurut KCNA seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Senin (13/9/2021).

Pengembangan rudal memberikan nilai strategis yang sangat penting sebagai sarana pencegahan yang efektif dan lebih andal menjamin keamanan negara kita selain menahan manuver militer pasukan musuh, menurut KCNA.

Korea Utara yang tertutup selama ini telah lama menuduh Amerika Serikat dan Korea Selatan melakukan "kebijakan bermusuhan" terhadap Pyongyang.

Sedangkan, pembicaraan yang bertujuan untuk membongkar program nuklir dan rudal balistik Korea Utara dengan imbalan bantuan sanksi AS telah terhenti sejak 2019.

Sebelumnya, Amerika Serikat mengaku merasa terancam dengan upaya Korea Utara yang terus mengembangkan senjata nuklir dan rudal balistik.

Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin dalam keterangan tertulis kepada Komite Senat AS untuk Angkatan Bersenjata beberapa waktu lalu.

"Pyongyang terus mengembangkan program nuklir dan rudal balistik sehingga menimbulkan ancaman serius bagi sekutu dan mitra regional dan dengan ambisi menyerang AS," kata Austin, mengutip Yonhap News Agency.

Dia akan mengutamakan diplomasi dalam menghadapi ancaman dari Korea Utara. Namun, akan tetap mengandalkan kekuatan militer untuk mendukung upaya diplomasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper