Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dubes RI untuk Senegal Merangkap Guinea-Bissau Bidik Kerja Sama Pertahanan

Duta Besar Indonesia untuk Senegal merangkap Guinea-Bissau Dindin Wahyudin menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Guinea-Bissau, Umaro Sissoco Embalo, Selasa (27/4/2021).
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 29 April 2021  |  18:52 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Senegal merangkap Guinea-Bissau dan negara lainnya Dindin Wahyudin menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Guinea-Bissau, Umaro Sissoco Embalo pada Selasa (27/4/2021) - Dok./Kemenlu
Duta Besar Indonesia untuk Senegal merangkap Guinea-Bissau dan negara lainnya Dindin Wahyudin menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Guinea-Bissau, Umaro Sissoco Embalo pada Selasa (27/4/2021) - Dok./Kemenlu

Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar Indonesia untuk Senegal merangkap Guinea-Bissau dan negara lainnya Dindin Wahyudin menekankan kerja sama pertahanan antara dua negara.

Hal tersebut disampaikan seiring masa tugas barunya. Dia telah menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Guinea-Bissau, Umaro Sissoco Embalo pada Selasa (27/4/2021).

Dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri, Dubes Dindin menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Embalo dan harapan untuk memperkuat kerja sama bilateral di berbagai bidang.

Dubes Dindin juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Guinea-Bissau kepada Indonesia di berbagai forum internasional, termasuk partisipasi aktif kerja sama antar negara kepulauan.

Pada kesempatan yang lain, Dubes Dindin bertemu dengan Menteri Pertahanan Guinea-Bissau, Sandji Fati (27/04/2021) guna menindaklanjuti kerja sama pertahanan.

Keduanya bertukar pandangan mengenai isu maritim, kerja sama pertahanan dan peningkatan kapasitas serta peluang produk industri pertahanan Indonesia.

Menhan Fati menggarisbawahi bahwa Guinea Bissau sebagai negara kepulauan tertarik dengan tawaran Dubes RI untuk menggunakan produk Indonesia seperti pesawat dan helikopter buatan PT Dirgantara Indonesia serta mengirimkan perwira militer mengikuti pendidikan Staf dan Komando di Sesko TNI.

Harapan tersebut juga disampaikan oleh Dubes Dindin pada saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Guinea-Bissau, Suzi Carla Barbossa pada Senin.

Menlu Suzi sepakat untuk mendorong perdagangan bilateral, khususnya untuk poduk-produk ekspor utama Guinea-Bissau seperti kacang mete dan produk pertanian lainnya. Menlu juga sampaikan harapan agar Kedubes Guinea-Bissau di Jakarta dapat dibuka kembali dan sebaliknya berharap agar Indonesia membuka Kedutaan Besar di Bissau.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenlu dubes ri senegal
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top