Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resmi Bertugas, Dubes RI Rachmat Budiman Temui Raja Thailand

Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman menyampaikan komitmen untuk peningkatan kerja sama bilateral di bidang ekonomi, khususnya di bidang perdagangan dan investasi.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 21 April 2021  |  11:41 WIB
Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman (kiri) menemui Raja Thailand Yang Mulia Raja Maha Vajiralongkorn Phra Vajiraklaochaoyuhua di Ambara Villa, Istana Dusit, Bangkok, Selasa (20/4/2021) sore - Kemenlu
Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman (kiri) menemui Raja Thailand Yang Mulia Raja Maha Vajiralongkorn Phra Vajiraklaochaoyuhua di Ambara Villa, Istana Dusit, Bangkok, Selasa (20/4/2021) sore - Kemenlu

Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman menyerahkan Surat Kepercayaan (Letter of Credence) dari Presiden Joko Widodo kepada Raja Thailand Yang Mulia Raja Maha Vajiralongkorn Phra Vajiraklaochaoyuhua di Ambara Villa, Istana Dusit, Bangkok pada Selasa sore (20/4/2021).

Dalam pertemuan itu, Duta Besar RI juga menyampaikan komitmen untuk peningkatan kerja sama bilateral di bidang ekonomi. "Khususnya di bidang perdagangan dan investasi, menjaga perdamaian dan stabilitas regional, memastikan saling mendukung di berbagai forum regional dan global, serta dalam penelitian dan pengembangan kebijakan kesehatan masyarakat, termasuk tentang vaksin Covid-19," seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri, Rabu (21/4/2021).

Raja Thailand menyampaikan ucapan selamat datang kepada Dubes RI memberikan dukungan sepenuhnya atas pelaksanaan tugas Duta Besar RI dalam meningkatkan kerja sama bilateral yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang siginifikan bagi masyarakat kedua negara.

Pada kesempatan tersebut, Raja Maha Vajiralongkorn Phra Vajiraklaochaoyuhua didampingi oleh Yang Mulia Ratu Suthida Bajrasudhabimalalakshana.

Rangkaian acara Royal Audience diawali dengan penjemputan Duta Besar RI di Kedutaan Besar Republik Indonesia oleh Pejabat Senior Kementerian Luar Negeri Thailand Sumate Chulajasa.

Penyerahan Surat Kepercayaan di Istana Raja berlangsung dalam suasana yang hangat dan khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar RI telah menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan harapan kejayaan, keselamatan, dan kesehatan bagi Raja dan keluarga serta rakyat Thailand.

Hubungan bilateral Indonesia dan Thailand secara resmi dimulai sejak 1950, meskipun secara historis terjalin sejak zaman kerajaan Sriwijaya. Penugasa Duta Besar di Thailand pertama kali dilakukan pada 1952.

Pada 2020, meskipun di tengah pandemi, kedua negara berhasil merayakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik dengan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat. Ke depan diyakini hubungan Indonesia-Thailand akan semakin berkembang dan meningkat serta memberikan manfaat nyata bagi masyarakat kedua negara, kawasan, dan juga global.

Dalam kesempatan yang sama, enam Duta Besar dari Mesir, Filipina, Prancis, Bangladesh, dan Portugis juga menyerahkan Surat Kepercayaan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

thailand kemenlu dubes
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top