Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Besok, Presiden Jokowi Dikabarkan Lantik Kepala BRIN

Nama kandidat yang naik ke permukaan sebagai calon Kepala BRIN adalah Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko. 
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 April 2021  |  21:04 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait Undang-Undang Cipta Kerja di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/10)  -  Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait Undang-Undang Cipta Kerja di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/10) - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), besok Rabu (28/4/2021).

Nama kandidat yang naik ke permukaan sebagai calon Kepala BRIN adalah Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko. 

"Iya," ujar sumber istana seperti dilansir dari Tempo, Selasa, (27/4/2021).

Lebih lanjut, sumber yang sama menyebut jabatan Mendikbud-Ristek tetap diisi oleh Nadiem Makarim yang kini masih menjabat Mendikbud.

Adapun, untuk calon Menteri Investasi, yang akan didapuk ialah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Berdasarkan salinan surat nomor R-14/Pres/03/2021 tertanggal 30 Maret 2021, Presiden Jokowi meminta pertimbangan DPR soal pembentukan BRIN dalam rangka menjalankan ketentuan Pasal 48 UU Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Kemenristek digabung dengan Kemendikbud karena BRIN akan dilepaskan dari Kemenristek dan menjadi badan otonom sendiri, karena sebagian besar tugas dan fungsi Kemenristek akan dilaksanakan BRIN.

Pemerintah berpandangan perlu untuk menggabungkan sebagian tugas dan fungsi Kemenristek ke Kemendikbud sehingga menjadi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

DPR telah menyetujui rencana presiden tersebut. Jokowi dikabarkan akan melantik kandidat pengisi di kementerian atau badan tersebut pada Rabu besok.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Reshuffle Kabinet kemenristek

Sumber : Tempo.Co

Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top