Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seleksi Prestasi Akademik PTK Islam, Kemenag: 69.617 Siswa Lulus

Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) merupakan seleksi nasional yang diikuti 58 PTKIN dan 1 Fakultas Agama PTN.
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama hari ini telah mengumumkan hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN).

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional yang diikuti 58 PTKIN dan 1 Fakultas Agama PTN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Ketua SPAN-PTKIN Mahmud yang juga Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengatakan bahwa terdapat perbedaan sistem seleksi pada tahun ini. Tahun ini, panitia melakukan verifikasi prestasi akademik dan non-akademik di masing-masing PTKIN.

“Ke depan, dengan evaluasi yang terus dilakukan, tim SPAN-PTKIN perlu meningkatkan mutu dan sistem pendaftaran yang dapat terintegrasi, misalnya dengan DAPODIK [Data Pokok Peserta Didik] Kemendikbud dan EMIS [Education Management Information System] Kementerian Agama,” terangnya di Jakarta, Senin (12/4/2021).

Ketua Forum Rektor PTKIN Babun Suharto menjelaskan minat calon mahasiswa untuk masuk PTKIN sangat tinggi. Tahun ini, tercatat ada 182.890 pendaftar SPAN-PTKIN dari 11.920 sekolah.

Kata dia, siswa pelamar diberi kesempatan untuk memilih dua PTKIN yang diminati. Pada masing-masing PTKIN pilihannya, mereka dapat memilih dua program studi yang diminati. Urutan pilihan PTKIN dan program studi yang telah dipilih menjadi prioritas pilihan.

“Dari jumlah total pendaftar tersebut, telah diumumkan 69.617 siswa dinyatakan lulus seleksi SPAN-PTKIN 2021,” tuturnya.

Selain itu, peserta yang telah lulus seleksi diwajibkan untuk mengikuti proses verifikasi dan pendaftaran ulang yang ditetapkan oleh masing-masing PTKIN.

Lima Prodi Pendaftar Terbanyak

1. Manajemen Keuangan Syariah UIN SGD Bandung= 2204
2. Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya= 2198
3. Ekonomi Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta= 2110
4. Farmasi UIN Alauddin Makassar = 1871
5. Perbankan Syariah UIN Syarif Hidayatullah= 1835

Lima PTKIN Pendaftar Terbanyak

1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta = 32.453
2. UIN Sunan Kalijaga Yogtakarta = 32.271
3. UIN Sunan Gunung Djati Bandung= 30.163
4. UIN Walisongo Semarang= 19.652
5. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang = 19.127

Adapun, pendaftaran SPAN PTKIN dibuka sejak 19 - 27 Februari 2021. Penilaian tahap I digelar 1 - 5 April 2021. Untuk tahap II, penilaian digelar 6 - 8 April 2021. Jalur SPAN-PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis. Seluruh peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper