Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tidak Semua Orang Diwajibkan Puasa saat Ramadan, Ini Penjelasannya

Pemberian keringanan untuk tidak menjalankan puasa, dan wajib menggantinya di luar bulan Ramadan diberikan kepada tenaga kesehatan yang sedang menjalankan tugas.
Umat muslim menikmati menu buka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (6/5/2019)./Bisnis-Triawanda Tirta Aditya
Umat muslim menikmati menu buka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (6/5/2019)./Bisnis-Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA - Hanya dalam hitungan hari, umat Muslim di Indonesia akan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan sebagai salah satu dari rukun Islam yang wajib dijalankan.

Ketua Divisi Fatwa dan Pengembangan Putusan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Fuad Zein mengatakan tujuan dari ibadah puasa adalah sebagai sarana pendidikan untuk membentuk manusia yang bertakwa dan sekaligus sebagai wujud ketaatan kepada Allah SWT.

“Sudah kita pahami bersama, ada orang-orang yang diwajibkan dan orang-orang yang tidak diwajibkan puasa. Orang yang diwajibkan puasa adalah semua muslimin dan muslimat yang mukallaf. Ini jelas aturannya,” kata Fuad Zein seperti dikutip dalam keterangan pada laman resmi Muhammadiyah, Sabtu (10/4/2021).

Akan tetapi, tidak semua orang mampu menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Pengecualian ini diberikan sesuai dengan prinsip agama Islam itu sendiri yang bertujuan untuk memberi rahmat kepada manusia (QS. Al Anbiya: 107), tidak mempersulit orang beriman (QS. Al Hajj: 78), dan teknis pelaksanaannya bersifat memudahkan (QS. Al Baqarah: 185).

"Mereka yang tidak diwajibkan berpuasa, dan wajib menggantinya di luar bulan Ramadan adalah perempuan yang mengalami haid dan nifas," ujarnya.

Fuad juga menegaskan bahwa para ulama telah sepakat hukum nifas sama dengan haid dalam hal puasa, yaitu tidak wajib. Hal tersebut berdasarkan hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari.

Selain itu, ada pula golongan yang diberi keringanan untuk meninggalkan puasa, dan wajib menggantinya di luar bulan Ramadan, yaitu orang yang sakit di bulan Ramadan, dan orang yang sedang dalam perjalanan.

Kriteria ini berdasarkan QS. Al Baqarah ayat 184. Selain itu, Fuad menjelaskan bahwa orang yang kondisi kekebalan tubuhnya tidak baik, hukumnya sama dengan orang yang sakit.

“Ini juga bisa dikaitkan dengan kondisi pandemi saat ini, orang-orang tertentu yang kondisi kekebalan tubuhnya itu tidak baik, sehingga mudah terkena oleh Covid-19,” jelasnya.

Pemberian keringanan untuk tidak menjalankan puasa, dan wajib menggantinya di luar bulan Ramadan juga diberikan kepada para tenaga kesehatan yang sedang menjalankan tugas.

Dasar dari keputusan ini adalah QS. Al Baqarah ayat 195 yang menjelaskan larangan menjatuhkan diri dalam kebinasaan.

Fuad kemudian menjelaskan orang-orang yang dibolehkan untuk tidak berpuasa, dan menggantinya dengan fidyah. Berdasarkan QS. Al Baqarah ayat 184, membayar utang puasa dengan fidyah diperuntukkan bagi mereka yang dalam kondisi sangat berat (yutiqunahu), misalnya, lanjut usia, orang sakit yang menahun, dan wanita hamil atau menyusui.

Adapun, wujud fidyah yang dapat dikeluarkan dapat berupa makanan siap saji, bahan pangan, dan uang tunai senilai satu kali makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper