Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara Kerja Drone e-TLE Tindak Pelanggar Lalu Lintas

Drone E-TLE mobile itu juga dapat mengcapture kendaraan yang melanggar lalu lintas.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 20 Maret 2021  |  11:03 WIB
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. - Antara
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. - Antara
Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya kini menggunakan drone surveillance untuk merekam aktivitas para pengendara kendaraan roda dua dan roda empat di jalan raya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyebut, bahwa kamera drone electronic traffic law enforcement (E-TLE) mobile akan digerakkan kepala bagian operasional ke titik yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas di wilayah DKI Jakarta.

Kemudian, setelah tercapture ada pelanggaran, polisi lalu lintas akan diarahkan untuk bergerak ke lokasi tersebut untuk menangani pelanggaran yang terjadi.

"Ini salah satu bentuk manajemen kontrol, sehingga anggota tidak seenaknya bergerak sendiri lagi ke titik-titik tertentu tanpa membawa surat perintah," tuturnya, Sabtu (20/3/2021).

Secara terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, drone E-TLE mobile itu juga dapat mengcapture kendaraan yang melanggar lalu lintas.

"Setelah tercapture, nanti secara otomatis akan disamakan datanya antara foto dengan data dari kendaraan itu di back office," katanya.

Menurut Sambodo, setelah data terkonfirmasi, kemudian pelanggar akan dihubungi oleh polisi dan dikonfirmasi. Jika dalam waktu tujuh hari tidak ada konfirmasi dari pihak pelanggar, maka polisi bakal memblokir STNK pelanggar.

"Tetapi, kalau dia konfirmasi, petugas akan beri kode pembayaran denda atas pelanggaran yang telah dilakukan. Jadi bayar dendanya ke ATM bukan ke petugas di lapangan," tambahnya.

 

 

 

 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polda metro jaya polantas
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top