Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Departemen Luar Negeri AS Desak China Buka Dialog dengan Taiwan

Amerika Serikat akan terus mendukung penyelesaian damai masalah lintas selat, konsisten dengan keinginan dan kepentingan terbaik rakyat di Taiwan
Dua pesawat tempur China J-11 dan satu pesawat pengebom H-6K berpatroli di wilayah udara antara China daratan dan Taiwan, Senin (10/2/2020).  Foto: Antara-Xinhua
Dua pesawat tempur China J-11 dan satu pesawat pengebom H-6K berpatroli di wilayah udara antara China daratan dan Taiwan, Senin (10/2/2020). Foto: Antara-Xinhua

Bisnis.com, JAKARTA - Departemen Luar Negeri AS mendesak China untuk terlibat dalam dialog dengan perwakilan Taiwan yang terpilih secara demokratis dan berhenti memberikan tekanan militer, diplomatik, dan ekonomi di pulau itu.

“Kami akan berdiri bersama teman dan sekutu untuk memajukan kemakmuran, keamanan, dan nilai-nilai bersama kami di kawasan Indo-Pasifik - dan itu termasuk memperdalam hubungan kami dengan Taiwan yang demokratis,” kata Departemen Luar Negeri AS dikutip dari Bloomberg.

"Amerika Serikat akan terus mendukung penyelesaian damai masalah lintas selat, konsisten dengan keinginan dan kepentingan terbaik rakyat di Taiwan," tegas AS.

Departemen Luar Negeri AS juga menambahkan bahwa komitmennya kepada Taiwan sudah kokoh dan akan berkontribusi pada pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di Asia.

China menggunakan kekuatan militernya yang tumbuh untuk secara agresif menegaskan klaim teritorialnya di laut tetangga, dan pesawat militernya sering memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan, meningkatkan tekanan di pulau itu, yang dianggap Beijing sebagai provinsi pemberontak.

Hubungan AS dan Taiwan sendiri makin erat akhir-akhir ini. AS dan Taiwan telah menandatangani perjanjian ekonomi pada November lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper