Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Janji Beri Bantuan Hingga Rp50 Juta untuk Korban Gempa Sulbar

Presiden berjanji akan menyalurkan bantuan bagi korban dengan kondisi rumah rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 19 Januari 2021  |  12:53 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang mengalami kerusakan karena gempa di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (19/1/2021). - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo meninjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang mengalami kerusakan karena gempa di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (19/1/2021). - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Barat  (Sulbar) pascagempa 6,2 magnitudo, Selasa (19/1/2021). Jokowi akan memberikan bantuan bagi para korban.

Dalam lawatan tersebut, Presiden mengunjungi sejumlah titik seperti kantor gubernur Sulbar yang rusak berat, tempat pengungsian dan rumah warga yang terdampak gempa dan korban.

Usai kunjungan itu, Presiden berjanji akan menyalurkan bantuan bagi korban dengan kondisi rumah rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan.

“Untuk rumah penduduk yang roboh pemerintah akan membantu untuk yang rusak berat Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta dan rusak ringan, retakretak Rp10 juta,” katanya Selasa (19/1/2021).

Jokowi menambahkan, bahwa pemerintah pusat akan membangun ulang gedung-gedung pemerintah setelah yang roboh. Rencana itu dilakukan setelah proses audit.

Dia berharap bantuan pemerintah pusat untuk pemulihan kembali rumah warga dan pemulihan ekonomi, layanan masyarakat serta birokrasi di Sulawesi Barat dapat berjalan lancar.

“Terakhir, saya ingin sampaikan rasa duka cita mendalam. Korban kurang lebih 80 yang meninggal yang ditemukan. Semoga yang ditinggalkan diberikan keikhasan dan kesabaran,” ujarnya.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan jumlah besaran dana stimulan tersebut merupakan usulan yang diberikan dari Pemerintah Sulbar kepada Pemerintah Pusat melalui BNPB.

“Ini merupakan usulan dari Pemerintah Provinsi Sulbar kepada Pemerintah Pusat melalui BNPB,” jelas Doni, Minggu (17/1/2020).

Sebelumnya, Doni telah memastikan kerusakan rumah warga akibat gempa bumi merupakan menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten.

“Pemerintah pasti akan memberikan perhatian kepada masyarakat yang menjadi korban, termasuk rumah yang rusak nanti menjadi tanggung jawab BNPB bersama dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi gempa
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top