Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri Juliari Tersangka Korupsi, Kemensos Buka Akses Penuh Bagi Penegak Hukum

Hampir 9 bulan kami seluruh jajaran Kemensos tanpa mengenal lelah pastikan bansos tersalurkan secara cepat dan tepat, dan kami berupaya patuhi prinsip-prinsip akuntabilitas.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 06 Desember 2020  |  13:01 WIB
Menteri Sosial Juliari P Batubara saat tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Minggu (6/12/2020). - Antara/Hafidz Mubarak A
Menteri Sosial Juliari P Batubara saat tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Minggu (6/12/2020). - Antara/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Menteri Sosial Juliari P. Batubara sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi. Hal itu terjadi usai operasi tangkap tangan tersebut terkait dengan bantuan sosial untuk wilayah Jabodetabek 2020.

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras mengatakan bahwa seluruh jajarannya sangat kaget dan prihatin atas apa yang terjadi.

“Tentu kami akan bekerja sama dan membuka akses penuh terhadap akses yang diperlukan atas proses hukum yang berjalan,” katanya melalui konferensi pers secara virtual, Minggu (6/12/2020).

Hartono menjelaskan sikap tersebut sebagai bentuk keseriusan dan dukungan Kemensos terjadap pemberantasan korupsi.

Padahal, lanjut Hartono, di tengah pandemi Covid-19 instansinya bekerja keras melakukan amanah khususnya menyebarkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang terpukul ekonominya.

“Hampir 9 bulan kami seluruh jajaran Kemensos tanpa mengenal lelah pastikan bansos tersalurkan secara cepat dan tepat, dan kami berupaya patuhi prinsip-prinsip akuntabilitas,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan ihwal penangkapan pejabat Kemensos yang diduga terkait korupsi program bansos di Kementerian Sosial RI dalam penanganan pandemi Covid-19.

“PPK pada Program Bansos di Kemensos RI. Dugaan korupsi PPK telah menerima hadiah dari para Vendor PBJ bansos di Kemensos RI dalam penanganan Pandemi Covid-19,” kata Firli, Sabtu (5/12/2020).

Selanjutnya, pada Minggu (6/12/2020) dini hari, KPK menetapkan Juliari P. Batubara sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi penerimaan sesuatu oleh penyelenggara negara atau yang mewakilinya di Kementerian Sosial terkait dengan bantuan sosial untuk wilayah Jabodetabek 2020.

“KPK menetapkan lima tersangka, sebagai penerima JPB, MJS, AW, dan sebagai pemberi AIM dan HS,” kata Ketua KPK Firli Bahuri di Jakarta, Minggu (6/12/2020) dini hari.

Belakangan beredar kabar bahwa inisial tersebut merujuk pada nama Juliari Peter Batubara, Matheus Joko Santoso, Adi Wahyono, dan Ardian IM serta Harry Sidabuke.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK bansos mensos Juliari P. Batubara
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top