Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangkap Bupati Banggai Laut, KPK Amankan Uang Hingga Bonggol Cek

KPK mengamankan barang bukti dalam operasi tangkap tangan terhadap Bupati Banggai Laut Wenny Bukamo.
Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri - Antara
Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan barang bukti  berupa uang hingga bonggol cek dalam operasi tangkap tangan terhadap Bupati Banggai Laut Wenny Bukamo.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan bahwa barang bukti tersebut dilakukan bersamaan dengan penangkapan calon petahana Bupati Banggai Laut yang diusung oleh PDI Perjuangan.

"Sejauh ini bukti yang sudah diamankan dalam giat tangkap ini adalah sejumlah uang dalam bentuk rupiah yang terdiri dari pecahan ratusan ribu yang jumlah totalnya masih akan dihitung dan dikonfirmasi kembali kepada pihak-pihak terperiksa," kata Ali lewat pesan singkat, Jumat (4/12/2020).

Ali mengatakan saat ini 16 orang yang ditangkap sudah berada di gedung KPK untuk kemudian menjalani pemeriksaan secara intensif.

Sebelumnya, KPK mengamankan 16 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Luwuk, Sulawesi Tengah, Kamis (3/12/2020). 

Belasan orang yang diamankan itu yakni, Bupati Banggai Laut, Wenny Bukamo; pejabat Pemkab Banggai Laut dan sejumlah pihak swasta. 

"Pihak yang diamankan sejauh ini ada 16 orang, diantaranya adalah Bupati Banggai laut, pejabat dilingkungan pemkab banggai laut dan beberapa pihak swasta," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri  Jumat (4/12/2020).

Wenny Bukamo dan 15 orang lainnya itu dijaring tim Satgas KPK lantaran diduga terlibat transaksi suap. Ali mengemukakan bahwa Wenny Bukamo diduga menerima suap dari pihak kontraktor. 

"Dugaan korupsi dalam kasus ini terkait dengan pemberian sejumlah uang dari pihak swasta atau kontraktor pelaksanan pekerjaan kepada penyelenggara negara dalam hal ini diduga diterima oleh bupati banggai laut," kata Ali.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper