Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Deklarasi Kemerdekaan Papua, Fadli Zon: Kok Masih Sibuk Urus HRS?

Hal itu diungkapkan Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR ini melalui akun Twitter pribadinya, @fadlizon, Rabu (2/12/2020).
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 02 Desember 2020  |  12:46 WIB
Politis Gerindra Fadli Zon menyampaikan orasi di Wisma Yayasan Pembangunan Indonesia (YPI), Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/2/2019). - ANTARA/Arif Firmansyah
Politis Gerindra Fadli Zon menyampaikan orasi di Wisma Yayasan Pembangunan Indonesia (YPI), Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/2/2019). - ANTARA/Arif Firmansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Politisi Partai Gerindra Fadli Zon meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Polhukam Mahfud MD untuk menindak Pemimpin Gerakan Persatuan Kemerdekaan Papua Barat (ULMWP) Benny Wenda yang dikabarkan mendeklarasikan kemerdekaan Papua Barat pada 1 Desember 2020.

Hal itu diungkapkan Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR ini melalui akun Twitter pribadinya, @fadlizon, Rabu (2/12/2020).

“P @jokowi , P @mohmahfudmd , Panglima TNI, Kapolri, Benny Wenda jelas2 sdh nantang RI. Kok masih sibuk urus HRS?” cuitnya melalui akun Twitter.

Hingga Rabu (2/12/2020) sekitar 12.30 WIB, unggahan Fadli Zon itu sudah direspons oleh 357 pengguna Twitter dan diunggah ulang (Retweet) 575 kali. Unggahan itu pun disukai sekitar 1.700 pengguna Twitter.

Seperti dikutip dari SBS News, Benny Wenda, yang kini berbasis di Inggris Raya, mendeklarasikan kemerdekaan Papua Barat secara sepihak oleh ULMWP dan didapuk menjadi presiden sementara.

“Ini hari yang sangat penting bagi rakyat saya. Kami sekarang memulihkan kedaulatan kami dan pemerintah sementara kami di Papua Barat,” katanya kepada SBS.

Lebih lanjut, dia juga menyatakan dengan tegas bahwa setelah deklarasi kemerdekaan tersebut Papua Barat akan tunduk kepada pemerintahan Indonesia.

Seperti diketahui pula bahwa, Wenda secara terang-terangan meminta pemerintah Australia untuk mendukung upaya mereka untuk memerdekakan Papua Barat.

“Papua Barat menghadapi krisis dan kami membutuhkan pemain besar seperti Australia [untuk mendukung kami]. Sangat penting bagi Australia untuk memainkan peran besar,” ujarnya.

Wenda juga merilis keterangan resmi terkait deklarasi kemerdekaan itu melalui akun Twitter resminya, @BennyWenda, Rabu (2/12/2020) dini hari WIB. Namun, tautan dari keterangan resmi itu tidak bisa diakses atau diberi restriksi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi papua benny wenda Fadli Zon
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top