Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Debat Pilkada Kalsel 2020, Denny Indrayana Soroti Konflik Agraris

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan nomor urut 2 Denny Indrayana-Difriadi berjanji menyelesaikan problem itu.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 05 November 2020  |  21:30 WIB
Calon Gubernur Kalimantan Selatan nomor urut 2 Denny Indrayana menyampaikan visi misinya dalam debat Pilkada Kalsel 2020 yang ditayangkan, Kamis (5/11/2020) - Youtube/TVRI Kalsel
Calon Gubernur Kalimantan Selatan nomor urut 2 Denny Indrayana menyampaikan visi misinya dalam debat Pilkada Kalsel 2020 yang ditayangkan, Kamis (5/11/2020) - Youtube/TVRI Kalsel

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan nomor urut 2 Denny Indrayana - Difriadi berjanji menyelesaikan masalah hukum, hak asasi manusia, sengketa agraria hingga politik.

Saat menyampaikan visi misinya pada debat Pilgub, Denny menyebutkan bahwa sejumlah persoalan terjadi di Kalimantan Selatan mulai dari bidang hukum, pelanggaran hak asasi manusia, konflik agraris dan politik pemerintahan.

“Ada kata kunci yang hilang di sana, kata adil dan kata amanah. Hukum kita dengan segala perbaikannya tetap menjadi komoditas yang tidak jarang diperjualbelikan,” katanya, Kamis (5/11/2020).

Menurutnya, hukum selama ini tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Kondisi serupa terjadi pada kancah perpolitikan. Dia menyebut tak jarang politik ditransaksikan. Denny juga menyinggung soal jual beli jabatan.

Situasi itu dinilai berdampak pada isu pelanggaran hak asasi manusia, terbatasnya hak hidup, hak sehat, hak mendapat pendidikan, dan hak mendapat pekerjaan,

Selain itu, sengketa agraris juga menjadi persoalan penting di Kalimantan Selatan. Sengketa lahan antara korporasi dan masyarakat di pedalaman terus terjadi. Beberapa kasus dinilai berakhir cukup memilukan.

“Izinkan kami dari lubuk hati paling dalam menawarkan apa yang kami bisa, menghadirkan rasa adil menghadirkan rasa amanah itu agar kekayaan alam Kalimantan Selatan bisa dinikmati oleh sebagian besar rakyat sebagaimana pasal 33 UUD 1945, bumi air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat,” kata mantan Wamenkumham itu.

Apabila terpilih, dia berjanji akan menghadirkan rasa keadilan dan amanah. Selain itu, dia mengajak masyarakat menolak politik uang. Hal ini katanya adalah hak dan prinsip agar dapat menghadirkan kesejahteraan dengan amanah dan adil.

Dalam kesempatan yang sama, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor-Muhidin berjanji akan memenuhi kebutuhan masyarakat baik jasmani maupun rohani dengan aman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

denny indrayana Kalimantan Selatan Pilkada Serentak Pilkada 2020
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top