Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hari Sumpah Pemuda, Anggota DPR: Jangan Terbawa Agenda Besar Dunia

Anggota Komisi VI DPR, Marwan Jafar mengatakan era transformasi digital dengan kondisi dunia seperti ini harus menjadi perekat ideologi seluruh elemen bangsa.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  17:38 WIB
Anggota Komisi VI DPR, Marwan Jafar - ansor
Anggota Komisi VI DPR, Marwan Jafar - ansor

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR, Marwan Jafar mengatakan, Indonesia harus mampu beradaptasi di era transformasi digital yang melaju cepat di dunia.

Menurutnya, jangan sampai Indonesia, terutama kalangan pemuda, terbawa arus dengan agenda besar dunia, tapi bagaimana bisa beradaptasi tapi tetap menjaga dan merawat persatuan dan kesatuan NKRI.

“Beradaptasi dengan agenda besar dunia, tapi tetap menjaga dan merawat nasionalisme secara spartan. Jangan sampai NKRI kita ini tercabik-cabik dan terkoyak dengan kekuatan dunia yang tidak menentu," kata Marwan terkait peringatan hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini, Rabu (28/10/2020).

Menurutnya, era transformasi digital dengan kondisi dunia seperti ini harus menjadi perekat ideologi seluruh elemen bangsa.

"Transformasi digital ini justru harus memperkuat NKRI. Karena transformasi digital ini sebuah keniscayaan yang tidak bisa ditawar," kata politisi PKB itu, Rabu (28/10/2020).

Untuk itu, kata Marwan, Indonesia harus menyusun agenda besar untuk satu abad ke depan. Tentu, menurutnya, agenda besar tersebut juga bisa beradaptasi dengan agenda besar dunia.

"Kita membuat rencana lebih besar untuk satu abad 2045, agenda besar Indonesia itu apa untuk menuju satu abad ke depan. Agenda besarnya juga tentu beradaptasi dengan agenda besar dunia," kata Marwan.

Menurut Marwan, Indonesia harus membuka kerjasama dengan semua negara lain sebagaimana amanat UUD 1945.

"Jadi Indonesia secara politik luar negeri memang bebas aktif sesuai dengan UUD kita," kata mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr sumpah pemuda menteri marwan jafar
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top