Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sudah Tahu Belum? Ini Lho Makna Logo Hari Sumpah Pemuda 2020

Lewat logo sumpah Pemuda, masyarakat diajak untuk mempraktikan 3M yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak plus berolahraga.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  16:08 WIB
Logo Sumpah Pemuda ke 92 / Istimewa
Logo Sumpah Pemuda ke 92 / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menjelaskan makna logo Sumpah Pemuda yang Ke-92. Lewat akun twitter Sekretariat Kabinet dijelaskan bahwa Logo Hari #SumpahPemuda92 merepresentasikan semangat Pemuda Indonesia untuk bersatu dan bangkit dari dampak destruktif pandemi Covid-19.

Lewat logo sumpah Pemuda, masyarakat diajak untuk mempraktikan 3M yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak plus berolahraga.

Pemerintah juga mengajak masyarakat untuk menjadi bagian pemulihan ekonomi nasional dengan berwirausaha.

"Makna tema #SumpahPemuda92 mengajak pemuda untuk #BersatuDanBangkit dengan menerapkan prinsip 3M+Olahraga juga menjadi bagian pemulihan ekonomi nasional dengan berwirausaha," dikutip dari akun twitter @setkabgoid, Rabu (28/10/2020).

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga menjelaskan mengenai logo Sumpah Pemuda yang ke-92. Konsep logo dibuat seakan menyambung dan tidak terputus melambangkan semangat bersatu dan bangkit untuk melawan Covid-19.

Kemudian, perpaduan warna yang beragam melambangkan keberagaman Indonesia pada agama, ras, suku, dan bahasa.

Adapun, warna biru pada logo melambangkan lautan, sedangkan warna hijau melambangkan hutan atau pertanian Indonesia sebagai salah satu kekayaan sumber daya alam dalam negeri.

Selain itu, dua insan yang saling terhubung menggambarkan semangat persatuan pemuda Indonesia yang aktif dalam mengisi kemerdekaan RI pada Sumpah Pemuda ke 92 tahun. 

Dijelaskan, Percepatan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 menjadi dasar optimalisasi pengembangan kewirausahaan pemuda dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Pemerintah menyebutkan bahwa 24 persen dari total penduduk Indonesia adalah pemuda usia 16-30 tahun, yang menjadi aset bangsa untuk menumbuhkan dan memulihkan ekonomi nasional.

"24 persen dari total penduduk Indonesia adalah pemuda usia 16-30 tahun, sehingga menjadi aset bangsa untuk menumbuhkan dan memulihkan ekonomi nasional melalui implementasi kewirausahaan pemuda. #SumpahPemuda92 #BersatuDanBangkit," demikian dikutip dari akun @setkabgoid.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenpora sumpah pemuda Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top