Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Uni Eropa Masukkan Singapura ke Daftar Aman Covid-19, tapi Keluarkan Kanada

Ada sembilan negara yang konsisten berada di dalam daftar putih Uni Eropa terkait penanganan Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Oktober 2020  |  10:03 WIB
Mal di Orchard Road Singapura./Bloomberg - Wei Leng Tay
Mal di Orchard Road Singapura./Bloomberg - Wei Leng Tay

Bisnis.com, JAKARTA - Uni Eropa mengeluarkan Kanada, Georgia dan Tunisia dari daftar putih atau daftar aman terkait Covid-19.

Sebaliknya, Singapura masuk daftar putih Uni Eropa sehingga para pelancong dari negara itu bisa ke Eropa tanpa aturan terkait Covid-19, seperti karantina atau tes Virus orona.

Dalam sebuah pertemuan dengan para duta besar dari 27 negara anggota Uni Eropa pada Rabu (21/10/2020), diputuskan tiga negara di coret dari daftar putih karena kasus Virus Corona nya meningkat, yaitu Kanada, Georgia dan Tunisia. Sedangkan, Singapura dimasukkan dalam daftar aman karena situasi Covid-19 di sana sudah membaik.

Proposal daftar putih itu akan disahkan pada akhir pekan ini selama 27 negara anggota Uni Eropa tidak ada yang keberatan.

Saat ini, ada sembilan negara yang konsisten berada di dalam daftar putih Uni Eropa terkait penanganan Covid-19, yakni Australia, China, Jepang, Selandia Baru, Rwanda, Singapura, Korea Selatan, Thailand dan Uruguay.

Kendati China sudah masuk daftar putih Uni Eropa terkait Covid-19, namun pelancong dari Negara Tirai Bambu hanya boleh ke negara-negara Eropa jika otoritas China juga mengizinkan pelancong dari Eropa ke negara itu. Persyaratan timbal balik ini tidak berlaku di beberapa negara.     

Daftar putih Uni Eropa tersebut hanya sebagai sebuah rekomendasi terkait aturan perjalanan bagi para anggotanya. Beberapa negara anggota Uni Eropa seperti Prancis, belum menerapkan larangan apapun pada para pelancong dari negara-negara yang ada di daftar putih Uni Eropa.   

Sedangkan Jerman telah mengurangi daftar aturan terkait Covid-19. Adapun Italia, masih meminta para pelancong agar melakukan karantina mandiri dan menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju wilayah tujuan mereka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singapura Virus Corona Covid-19

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top