Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uni Eropa Masukkan Singapura ke Daftar Aman Covid-19, tapi Keluarkan Kanada

Ada sembilan negara yang konsisten berada di dalam daftar putih Uni Eropa terkait penanganan Covid-19.
Mal di Orchard Road Singapura./Bloomberg/Wei Leng Tay
Mal di Orchard Road Singapura./Bloomberg/Wei Leng Tay

Bisnis.com, JAKARTA - Uni Eropa mengeluarkan Kanada, Georgia dan Tunisia dari daftar putih atau daftar aman terkait Covid-19.

Sebaliknya, Singapura masuk daftar putih Uni Eropa sehingga para pelancong dari negara itu bisa ke Eropa tanpa aturan terkait Covid-19, seperti karantina atau tes Virus orona.

Dalam sebuah pertemuan dengan para duta besar dari 27 negara anggota Uni Eropa pada Rabu (21/10/2020), diputuskan tiga negara di coret dari daftar putih karena kasus Virus Corona nya meningkat, yaitu Kanada, Georgia dan Tunisia. Sedangkan, Singapura dimasukkan dalam daftar aman karena situasi Covid-19 di sana sudah membaik.

Proposal daftar putih itu akan disahkan pada akhir pekan ini selama 27 negara anggota Uni Eropa tidak ada yang keberatan.

Saat ini, ada sembilan negara yang konsisten berada di dalam daftar putih Uni Eropa terkait penanganan Covid-19, yakni Australia, China, Jepang, Selandia Baru, Rwanda, Singapura, Korea Selatan, Thailand dan Uruguay.

Kendati China sudah masuk daftar putih Uni Eropa terkait Covid-19, namun pelancong dari Negara Tirai Bambu hanya boleh ke negara-negara Eropa jika otoritas China juga mengizinkan pelancong dari Eropa ke negara itu. Persyaratan timbal balik ini tidak berlaku di beberapa negara.     

Daftar putih Uni Eropa tersebut hanya sebagai sebuah rekomendasi terkait aturan perjalanan bagi para anggotanya. Beberapa negara anggota Uni Eropa seperti Prancis, belum menerapkan larangan apapun pada para pelancong dari negara-negara yang ada di daftar putih Uni Eropa.   

Sedangkan Jerman telah mengurangi daftar aturan terkait Covid-19. Adapun Italia, masih meminta para pelancong agar melakukan karantina mandiri dan menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju wilayah tujuan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper