Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Singapura dan Jepang Buka Pintu Akses Kunjungan Bisnis Dua Negara

Kedua negara akan menyediakan protokol mulai dari sebelum keberangkatan hingga sesudah kedatangan. Selain itu, kedua negara akan mengendalikan jadwal kunjungan pendatang selama 14 hari pertama di negara kedatangan.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 11 September 2020  |  13:41 WIB
Pesawat Japan Airlines tengah parkir di Bandara Haneda, Jepang. - Bloomberg
Pesawat Japan Airlines tengah parkir di Bandara Haneda, Jepang. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Singapura dan Jepang akan membuka pintu kedatangan untuk pertama kalinya bagi perjalanan bisnis dan kunjungan resmi antar kedua negara mulai 18 September 2020.

Berdasarkan pernyataan bersama pemerintah Singapura dan Jepang yang dikutip Bloomberg, kedua negara ini akan menyediakan protokol mulai dari sebelum keberangkatan hingga sesudah kedatangan.

Selain itu, kedua negara akan mengendalikan jadwal kunjungan pendatang selama 14 hari pertama di negara kedatangan.

“Ini merupakan bingkai kerja pertama yang diimplementasikan Jepang untuk negara lain, dan hal ini akan mampu memulihkan konektivitas serta mendukung pemulihan ekonomi di kedua negara,” tulis pernyataan tersebut, seperti dikutip Bloomberg pada Jumat (11/9/2020).

Adapun perincian mengenai operasional seperti persyaratan, protokol kesehatan, dan proses pengajuan berkas akan diumumkan di laman resmi Kementerian Hubungan Luar Negeri Jepang dan laman resmi SafeTravel Singapura pada 18 September 2020.

Pengumuman tersebut menyusul kunjungan resmi Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu ke Singapura bulan lalu atas undangan Menlu Singapura Dr Vivian Balakrishnan. Selain itu, Motegi juga melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Lee Hsien Loong di Istana.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Singapura, kedua menteri menyepakati sejumlah poin utama dari Jalur Bisnis (Jalur Hijau Timbal-Balik) untuk pendatang jangka pendek yang melakukan perjalanan bisnis.

Sebelumnya, Singapura telah lebih dulu membuka jalur kedatangan untuk beberapa negara lain seperti Brunei Darusalam, Malaysia, dan Korea Selatan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang singapura
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top