Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hari Aksara Internasional, Kemendikbud Usung Pembelajaran Literasi saat Pandemi Covid-19

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem mengapresiasi upaya dan semangat untuk meningkatkan keaksaraan di Indonesia.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 08 September 2020  |  15:39 WIB
Ilustrasi Hari Akasara Internasional. - Twitter @budayasaya
Ilustrasi Hari Akasara Internasional. - Twitter @budayasaya

Bisnis.com, JAKARTA – Merayakan Hari Aksara Internasional (HAI) Ke-55, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengusung tema Pembelajaran Literasi di Masa Pandemi Covid-19: Momentum Perubahan Paradigma Pendidikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem mengapresiasi upaya dan semangat untuk meningkatkan keaksaraan di Indonesia.

“Saya mengapresiasi dan ingin terus mengobarkan semangat untuk lebih mengenal aksara secara mendalam sehingga ilmu pengetahuan dan teknologi bisa berkembang dan menjadi penopang perkembangan Indonesia di masa ini maupun masa mendatang,” ujarnya pada sambutan HAI, Selasa (8/9/2020).

Dari tema tersebut, Nadiem menyebut bahwa pemerintah terus berupaya memerdekakan dan menuntaskan buta aksara. Beberapa upaya di antaranya memutakhirkan data buta aksara, memperluas layanan program pendidikan keaksaraan, mengembangkan sinergi penuntasan buta aksara, dan pemeliharaan kemampuan keberaksaraan masyarakat.

“Selain itu, pemerintah juga terus berupaya mengakselerasi inovasi layanan program pada daerah terpadat buta aksara,” jelasnya.

Kemendikbud, lanjut Nadiem, juga terus berjuang memberikan pendidikan inklusif meskipun dihadapkan dengan masa pandemi Covid-19.

“Saat pandemi selesai kita harus yakin bisa keluar sebagai pemenang yang terus memilki harapan dan cita-cita untuk mengentaskan buta aksara dan menghadirkan pendidikan yang berkualitas,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendikbud Nadiem Makarim
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top