Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

HUT Ke-75 Kemlu RI, KBRI Phnom Penh Tempati Gedung Baru

Peresmian gedung baru ini dilakukan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi, secara daring bersamaan juga dengan HUT ke-75 Kementerian Luar Negeri RI.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 20 Agustus 2020  |  09:40 WIB
KBRI Phnom Penh - dokumen KBRI Phnom Penh
KBRI Phnom Penh - dokumen KBRI Phnom Penh

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah 60 tahun lebih memiliki hubungan diplomatik dengan Kamboja, KBRI Phnom Penh telah menempati gedung baru yang permanen.

Peresmian gedung baru ini dilakukan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi, secara daring bersamaan juga dengan HUT ke-75 Kementerian Luar Negeri RI.

Selain home staff, pegawai setempat dan guru BIPA, serta para Ibu DWP, peresmian tersebut juga disaksikan langsung oleh Perwakilan RI yang berada di luar negeri. Pada kesempatan yang sama, Menlu RI juga meresmikan gedung baru KRI Tawau di Malaysia.

"Dari waktu ke waktu, kami mencoba membeli gedung baru untuk mendukung diplomasi. Pembelian ini untuk jangka panjang akan membantu menghemat biaya sewa gedung. Selamat untuk KBRI Phnom Penh dan KRI Tawau," ujar Menlu Retno dalam keterangan resmi, Kamis (20/8/2020).

Kantor baru KBRI yang terdiri dari 2 gedung berlantai 2 dan 3 ini terletak di lokasi yang strategis, yaitu di seberang Norodom Sihanouk Memorial atau Patung Raja Sihanouk yang merupakan salah satu ikon kota Phnom Penh. Pada masanya, King Father Norodom Sihanouk adalah teman seperjuangan Presiden Soekarno.

Dengan mengusung konsep Smart Embassy yang ramah layanan, memiliki open office dengan WiFi, penerapan less plastic and paper, serta penggunaan beberapa panel sinar surya untuk menghemat energi, diharapkan dapat menunjang kerja KBRI Phnom Penh secara optimal baik dalam menjalankan misi diplomasi maupun dalam melayani masyarakat.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih untuk semuanya, dari tukang sapu dan bersih-bersih, hingga kepala kanselerai yang telah membantu dalam proses kepindahan ke gedung baru ini," kata Duta Besar RI Sudirman Haseng.

"Kami dapat menyaksikan kekompakan gotong royong sehingga hari ini dapat melihat KBRI yang maksimum untuk kami bekerja secara serius, tetapi juga rileks.”

Selain peresmian via daring oleh Menlu RI, Deputi Perdana Menteri/Menlu dan Kerja Sama Internasional Y.M. Prak Sokhonn, anggota keluarga Kerajaan sekaligus tetangga KBRI Phnom Penh, Princess Norodom Arunrasmy, serta Gubernur Phnom Penh, Y.M. Khoung Sreng, secara terpisah turut mengirimkan ucapan selamat kepada Pemerintah Indonesia.

Sebagai informasi, selama lebih dari 60 tahun memiliki hubungan diplomatik, Indonesia dan Kamboja telah menikmati kerja sama di bidang politik dan keamanan, ekonomi dan perdagangan, sosial budaya, serta pertukaran people-to-people.

Secara khusus, perdagangan bilateral Indonesia-Kamboja mengalami peningkatan lebih dari 10 persen selama sepuluh tahun terakhir dengan surplus bagi Indonesia lebih dari 80 persen.

Pada tahun 2019, nilai perdagangan kedua negara senilai US$661 juta, meningkat 18 persen dari 2018. Pada periode Januari-Juni 2020, nilai perdagangan sejumlah US$312,25 juta (meningkat 7,19 persen dari periode yang sama pada 2019).

Adapun komoditas unggulan Indonesia ke Kamboja antara lain kendaraan bermotor dan komponennya, elektronik, batu bara, dan produk farmasi. Sementara komoditas ekspor Kamboja ke Indonesia antara lain pakaian jadi, alas kaki dan produk pertanian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kamboja kbri kemenlu
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top