Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi: Pemerintah Tak Main-main dalam Upaya Pemberantasan Korupsi

Presiden Jokowi menyatakan dalam pemberantasan korupsi, upaya pencegahan harus dilakukan melalui tata kelola yang sederhana, transparan, dan efisien.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  10:59 WIB
Presiden Joko Widodo mengenakan kain tenun khas Sabu Raijua dari NTT saat mengahadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Biro Pers Sekretariat Presiden - Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo mengenakan kain tenun khas Sabu Raijua dari NTT saat mengahadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Biro Pers Sekretariat Presiden - Muchlis Jr

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah tidak pernah main-main dalam upaya pemberantasan korupsi. Hal itu ditegaskan dalam pidatonya pada sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI, Jumat (14/8/2020).

Presiden menyatakan dalam pemberantasan korupsi, upaya pencegahan harus dilakukan melalui tata kelola yang sederhana, transparan, dan efisien.

"Pemerintah tidak pernah main-main dengan upaya pemberantasan korupsi. Upaya pencegahan harus ditingkatkan melalui tata kelola yang sederhana, transparan, dan efisien. Hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu," ujar Jokowi.

Lebih lanjut, dia mengatakan fleksibilitas tinggi dan birokrasi sederhana tidak bisa dipertukarkan dengan kepastian hukum, antikorupsi, dan demokrasi.

Pasalnya, ekosistem nasional yang produktif dan inovatif tidak mungkin tumbuh tanpa ekosistem hukum, politik, kebudayaan, dan pendidikan yang kondusif.

Semua kebijakan, imbuhnya, harus mengedepankan ramah lingkungan dan perlindungan HAM.

"Kecepatan dan ketepatan tidak bisa dipertukarkan dengan kecerobohan dan kesewenang-wenangan," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi korupsi Sidang Tahunan MPR RAPBN 2021 Nota Keuangan 2021
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top