Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ujian Mandiri Undip 2020 Diperpanjang, Ini Daya Tampungnya

Daya tampung Undip melalui jalur UM ini mencapai 2.981 orang dengan fakultas yang menerima mahasiswa terbanyak adalah Fakultas Hukum sebanyak 259 mahasiswa, diikuti Fakultas Psikologi dan Kesehatan Masyarakat masing-masing 105 mahasiswa.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 29 Juli 2020  |  10:10 WIB
Universitas Diponegoro - Istimewa
Universitas Diponegoro - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi para lulusan SMA/SMK sederajat, masih ada kesempatan untuk melakukan pendaftaran ke perguruan tinggi negeri Universitas Diponegoro (Undip), yang periodenya diperpanjang sampai 30 Juli 2020.

Undip masih membuka pendaftaran jalur Ujian Mandiri (UM) yang diperpanjang menjadi 30 Juli 2020 dari sebelumnya ditutup pada 20 Juli.

Adapun, lantaran pandemi Covid-19, Undip tidak melakukan ujian baik tulis maupun daring, melainkan hanya melaihat portofolio calon mahasiswa menggunakan nilai rapor.

Mengutip um.undip.ac.id, daya tampung Undip melalui jalur UM ini mencapai 2.981 orang dengan fakultas yang menerima mahasiswa terbanyak adalah Fakultas Hukum sebanyak 259 mahasiswa, diikuti Fakultas Psikologi dan Kesehatan Masyarakat masing-masing 105 mahasiswa.

Sementara itu, berdasarkan data Undip pada tahun ajaran 2019/2020, peminat paling banyak juga berasal dari Fakultas Hukum dengan pendaftar mencapai 865 orang, dan diikuti Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Psikologi masing-masing sebanyak 350 orang, dan Fakultas Manajemen 340 orang.

Adapun, Undip memberikan persyaratan pendaftaran sebagai berikut:

1.Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (Paket C) tahun 2020, 2019 dan 2018

2.Memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju

3.Usia maksimal 22 tahun

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, peserta UM harus membuat user pendaftaran menggunakan email, mengisi data diri, dan memilih jalur pilihan UM S1.

Adapun, portofolio yang diminta adalah hasil nilai raport semester 1-5 dan atau prestasi lain yang diisikan melalui aplikasi. Peserta juga wajib mengunggah Surat Pernyataan yang telah ditandatangai oleh peserta dan orang tua dan cetak kartu peserta pendaftaran daring.

Melalui seleksi ini, peserta bisa memilih dua program studi baik untuk Saintek, Soshum, maupun campuran. Total ada 34 program studi untuk S1 Saintek dan 17 program studi Soshum.

Hasil seleksi yang pada awalnya akan dimumkan pada 30 Juli 2020 juga diundur menjadi 21 Agustus 2020. Undip juga memberikan kesempatan bagi peserta yang sudah mendaftar untuk melengkapi atau mengubah data hingga 31 Juli 2020.

Selain itu, untuk biaya pendaftaran, UM untuk kelompok Saintek dan Soshum dikenakan biaya Rp300.000. Sedangkan, untuk kelompok campuran dikenakan biaya Rp500.000.

Biaya ini wajib dibayarkan baik bagi peserta reguler maupun yang menggunakan Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

seleksi mandiri universitas diponegoro
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top