Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perpres 75/2020, Presiden Jamin Hak Anak Korban dan Anak Saksi

Perpres Nomor 75 Tahun 2020 menjamin setiap anak korban dan anak saksi memperoleh semua haknya.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 28 Juli 2020  |  17:03 WIB
Ilustrasi-Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi saat menghibur anak-anak dengan bermain sulap pada acara puncak perayaan Hari Anak Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau, Minggu (23/7). - ANTARA/Rony Muharrman
Ilustrasi-Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi saat menghibur anak-anak dengan bermain sulap pada acara puncak perayaan Hari Anak Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau, Minggu (23/7). - ANTARA/Rony Muharrman

Bisnis.com, JAKARTA - Perpres Nomor 75 Tahun 2020 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo dan diterbitkan pada 6 Juli 2020 menjamin setiap anak korban dan anak saksi memperoleh semua haknya.

Juru Bicara Presiden Bidang Hukum Dini Shanti Purwono mengatakan melalui beleid tersebut Presiden menegaskan kembali bahwa setiap anak Indonesia, khususnya anak yang menjadi korban tindak pidana (anak korban) dan anak yang menjadi saksi tindak pidana (anak saksi) berhak atas pemenuhan hak dan rasa aman sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

"Dengan Perpres Nomor 75/2020, Presiden menjamin kehadiran negara dengan menjamin keselamatan anak korban dan anak saksi dengan melindungi keamanan pribadi, keluarga, dan atau harta bendanya," ujar Dini dalam keterangan resmi, Selasa (28/7/2020).

Anak korban dan anak saksi berhak atas beberapa hal seperti mendapatkan rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial, baik di dalam lembaga maupun di luar lembaga.

Mereka juga harus mendapat jaminan keselamatan, baik fisik, mental, maupun sosial, serta kemudahan dalam mendapatkan informasi mengenai perkembangan perkara.

Perpres tersebut merupakan amanat langsung dari Undang-Undang No.11/2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi perpres
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top