Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada 361 WNA di Indonesia Positif Covid-19, 614 Tergolong ODP

Kemenlu memastikan bahwa baik WNI maupun WNA yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan mendapatkan layanan rumah sakit yang sama dari pemerintah.
Ilustrasi sample darah yang terindikasi positif virus corona/Antara-Shutterstock
Ilustrasi sample darah yang terindikasi positif virus corona/Antara-Shutterstock

Bisnis.com, JAKARTA - Warga negara asing (WNA) yang positif terpapar virus corona atau Covid-19 di Indonesia mencapai 361 orang per 15 Juli 2020.

Data itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual di Istana Presiden, Kamis (16/7/2020). Dia memerinci, dari jumlah tersebut, sembilan WNA meninggal dunia, sedangkan 252 lainnya dinyatakan sembuh.

Sementara itu, sebanyak 614 WNA tercatat sebagai orang dalam pemantauan atau ODP. "Dan 328 WNA di antaranya telah direpatriasi ke negaranya," ujarnya.

Menlu Retno memastikan bahwa baik WNI maupun WNA yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan mendapatkan layanan rumah sakit yang sama dari pemerintah. Berdasarkan Permenkes No. 238/2020, pengeluaran RS akan ditanggung oleh pemerintah Indonesia.

"Jika ada WNA yang mengalami gejala Covid-19, mereka bisa menghubungi Kemenkes dan datang ke RS terdekat untuk mendapat PCR tes yang ditanggung masing-masing," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Menlu Retno juga mengatakan bahwa 127.799 warga negara Indonesia (WNI) telah kembali ke Indonesia pada 18 Maret - 15 Juli 2020 lantaran pandemi Covid-19.

Retno menjelaskan jumlah repatriasi WNI itu meningkat sebanyak 3.606 orang dibandingkan pekan lalu. "Per 15 Juli,  terdapat 127.799 WNI kembali ke Indonesia," jelasnya.

Dari jumlah itu, sebanyak 90.571 WNI dipulangkan dari Malaysia. Jumlah repatriasi dari Malaysia itu bertambah 1.861 WNI dibanding pekan lalu.Dalam tiga bulan terakhir itu, sambung Retno, ada 25.378 anak buah kapal atau ABK WNI yang kembali ke Tanah Air. Para ABK itu kembali dari 35 negara dan masuk ke Indonesia melalui 5 akses masuk yang terdapat di Bali dan Jakarta.

Dalam sepekan terakhir, ada sekitar 339 ABK WNI yang kembali ke Indonesia. Di samping itu, Menlu mengatakan bahwa tercatat 11.850 WNI dari 55 negara yang melakukan repatriasi mandiri. "Termasuk 265 WNI dari China yang kemarin, Selasa 14 Juli [kembali ke Indonesia]," ujar Menlu Retno.

Retno juga menegaskan bahwa pemerintah Indonesia terus menyalurkan bantuan kepada WNI yang terdampak Covid-19 di luar negeri. Secara global, perwakilan Indonesia telah 526.864 paket sembako.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper