Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Salmon dari Norwegia Bukan Sumber Kasus Baru Covid-19 di Beijing

Pejabat China dan Norwegia bertemu pada Selasa (16/6/2020) dan telah menyimpulkan sumber wabah bukan berasal dari ikan asal Norwegia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Juni 2020  |  14:35 WIB
Irisan ikan salmon di pasar swalayan - Reuters/Lucy Nicholson
Irisan ikan salmon di pasar swalayan - Reuters/Lucy Nicholson

Bisnis.com, JAKARTA - China menghentikan impor salmon asal Eropa setelah kasus virus corona atau Covid-19 menyebar di sebuah pasar di Beijing.

Kendati begitu, otoritas China dan Norwegia telah menyimpulkan bahwa ikan salmon Norwegia kemungkinan bukan sumber dari virus corona jenis baru yang ditemukan di papan talenan di pasar makanan Xinfadi.

Hal itu disampaikan oleh menteri perikanan dan makanan laut Norwegia Odd Emil Ingebrigtsen pada, Rabu (17/6/2020) waktu setempat.

Dia mengatakan bahwa setelah pertemuan antara pejabat China dan Norwegia pada Selasa (16/6/2020), kedua negara telah menyimpulkan bahwa sumber wabah virus corona baru bukan berasal dari ikan dari negara Nordik.

"Kami dapat menghapus ketidakpastian dan penghentian ekspor salmon ke China," katanya dalam konferensi video dengan wartawan.

Kemunculan Covid-19 di ibu kota China selama enam hari terakhir telah mengubah kehidupan sehari-hari bagi banyak orang, dengan beberapa orang khawatir seluruh kota akan dikunci karena jumlah kasus baru terus meningkat.

Adapun, dengan perkembangan terbaru itu, Pemerintah Kota Beijing telah mengunci lebih banyak permukiman dan melakukan pengujian untuk menahan penyebaran virus corona. Selain itu, pasar Xinfadi sudah ditutup sejak Sabtu lalu.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kota ini mencatat lebih dari 100 kasus baru wabah mematikan itu. Selama lebih dari 7 pekan, Beijing hanya mendaftarkan kasus-kasus dari orang-orang yang bepergian dari luar negeri.

China menghentikan impor salmon asal Eropa setelah kasus virus corona menyebar di sebuah pasar.

Dikutip dari South China Morning Post, Rabu (17/6/2020), ketakutan terhadap penyebaran kembali virus corona di Beijing, China akhirnya berujung pada penghentian pengiriman komoditas salmon.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china norwegia

Sumber : Antara/Reuters

Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top