Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemda Diminta Dukung KPU dan Bawaslu Persiapkan Pilkada 2020

Pemda diingatkan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam proses di setiap tahapan Pilkada 2020.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  21:09 WIB
Ilustrasi - Contoh surat suara untuk Pilkada 2018 saat ditinjau oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tegal di percetakan PT Aksara Grafika Pratama (AGP) di Jakarta, Senin (30/4/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Ilustrasi - Contoh surat suara untuk Pilkada 2018 saat ditinjau oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tegal di percetakan PT Aksara Grafika Pratama (AGP) di Jakarta, Senin (30/4/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Pemerintah Daerah (Pemda) membantu pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada pada 9 Desember mendatang.

Pelaksanaan Pilkada juga akan menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan virus Corona.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar meminta Pemda membantu Komisi Pemilih Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mempersiapkan Pilkada.

Kendati begitu, Pemda diingatkan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan di tengah meluasnya pandemi. Protokol ini juga tetap diterapkan dalam proses di setiap tahapan Pilkada.

“Kami minta Pemda membantu KPU dan Bawaslu daerah dalam mempersiapkan dan mensosialisasikan Pilkada yang rencananya akan digelar pada 9 Desember 2020 dengan protokol Covid-19," katanya melalui keterangan resmi, Kamis (28/5/2020)

Menurutnya,pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya agenda akbar ini akan digelar saat dunia masih belum terbebas dari pandemi Covid-19.

Atas dasar itu, protokol kesehatan mesti diutamakan. Dia menuturkan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, bahwa protokol kesehatan dalam segala sektor kehidupan bermasyarakat dan bernegara tidak bisa di tawar-menawar

“Ini semata untuk mencegah penyebaran virus. Protokol kesehatan yang dimaksud, wajib memakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, dan jaga jarak,” tuturnya.

Dia menyebut sosialisasi tentang protokol kesehatan dalam setiap tahapan Pilkada menjadi kunci dari kesuksesan pelaksananaan hajatan pesta demokrasi di masa sulit ini.

Pesta demokrasi dengan protokol kesehatan, juga bagian dari salah bentuk kehidupan normal baru bidang poliitik dalam negeri.

“Pemda harus mendukung sepenuhnya penyelenggara Pemilu, terutama mensosialisasikan kepada masyarakatnya masing-masing tentang pentingnya protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu pemilu Pilkada Serentak covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top