Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beri Salam ke Pekerja Bangunan di Kawasan Wonsan, Kim Jong-un Sudah Membaik?

Laporan itu muncul seiring dengan kabar bahwa kereta khusus Kim diparkir di daerah itu di tengah-tengah spekulasi tentang kesehatannya.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 27 April 2020  |  15:58 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi perkebunan Chunghung didampingi para stafnya, di Samjiyon, Korea Utara (10/7/2018). - Reuters/KCNA
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi perkebunan Chunghung didampingi para stafnya, di Samjiyon, Korea Utara (10/7/2018). - Reuters/KCNA

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar membaiknya kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mulai santer usai dirinya mengirimkan salam kepada pekerja bangunan di zona wisata pantai timur Wonsan.

Dilansir dari Yonhap, Senin (27/4), informasi tersebut disampaikan oleh Rodong Sinmun, surat kabar nasional di Korut. Laporan itu muncul seiring dengan kabar bahwa kereta khusus Kim diparkir di daerah itu di tengah-tengah spekulasi tentang kesehatannya.

"Pemimpin tertinggi Kim Jong-un telah mengirimkan apresiasi kepada pekerja yang mendedikasikan dirinya kepada bangunan zona turis Wonsan-Kalma," seperti dikutip dari Yonhap.

Spekulasi tentang kesehatan Kim mulai muncul sejak absennya Kim dalam upacara ulang tahun pendiri Korea Utara, Kim Il-sung yang tidak lain adalah kakeknya pada 15 April lalu.

Sejumlah media melaporkan keadaannya sangat buruk setelah operasi kardiovaskular. Namun, pemerintah Korea Selatan justru mengatakan bahwa tidak ada gerakan yang tidak wajar pada Kim dan mengatakan dia sedang berada di daerah Wonsan.

Berdasarkan pemantauan situs web 38 North bahwa gambaran dari satelit menunjukkan kereta khusus milik Kim yang diparkir di sebuah stasiun di kompleks Wonsan-nya setidaknya sejak 21 April.

"Adanya kereta tidak membuktikan keberadaan pemimpin Korea Utara atau menunjukkan apa pun tentang kesehatannya, tetapi menambah bobot laporan yang mengatakan Kim tinggal di daerah elit di pantai timur negara itu," tambahnya.

Seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (25/4/2020), berdasarkan sumber yang tidak ingin disebut identitasnya, delegasi dipimpin oleh seorang anggota senior dari Departemen Penghubung Internasional Partai Komunis China. Departemen itu adalah badan utama China yang berurusan dengan negara tetangga Korea Utara.

Daily NK yang berbasis di Seoul melaporkan bahwa Kim sudah mulai membaik setelah operasi jantung pada 12 April.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Korea Utara kim jong un
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top