Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jimat dan Joki Ramaikan Tes SKD CPNS 2019

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan selama pelaksanaan seleksi SKD, panitia berulang kali menemukan sejumlah benda aneh yang digunakan sebagai jimat.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 26 Februari 2020  |  12:53 WIB
Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengkritik sejumlah peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2019 yang masih menggunakan jimat hingga joki untuk memastikan kelulusan. Panitia menyindir peserta tersebut dengan membuat meme Parah-sih. - Twitter @BKNgoid
Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengkritik sejumlah peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2019 yang masih menggunakan jimat hingga joki untuk memastikan kelulusan. Panitia menyindir peserta tersebut dengan membuat meme Parah-sih. - Twitter @BKNgoid

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengkritik sejumlah peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2019 yang masih menggunakan jimat hingga joki untuk memastikan kelulusan. Panitia menyindir peserta tersebut dengan membuat meme Parah-sih.

Meme tersebut sejatinya merupakan pelesetan dari film karya sutradara Bong Joon-ho berjudul Parasite. Film peraih penghargaan Oscaritu  ikut meledak di bioskop di Indonesia. Masyarakat kemudian beramai-ramai membuat meme Parah-sih sebagai bentuk kritikan pada suatu hal.

"Mintanya seleksi CPNS yang transparan dan kompetitif, nggak tau nya masih ada saja yang coba-coba pakai jimat, calo sampai joki, PARAH-SIH,” tulis akun Twitter BKN, Rabu (26/2/2020).

Dalam unggahan tersebut, BKN turun menampilkan sejumlah meme terkait penyelenggaraan SKD termasuk di Pekanbaru dan Palembang.

Meme tersebut menulis beberapa kalimat sindiran. Misalnya: “Ketauan bawa jimat saat ujian?? Parah-Sih”. “Hari gini ujian masih bersekutu dengan Joki? Parah-sih”. atau “Hari gini masih ngeraguin CAT BKN?? Parah-Sih.”

Sementara itu, Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan selama pelaksanaan seleksi SKD, panitia berulang kali menemukan sejumlah benda aneh yang digunakan sebagai jimat.

“Banyak kami temukan jimat. Banyak foto tentang jimat yang digeledah. Jin-nya juga tidak mengerti komputer ngapain pakai jimat,” katanya, Kamis (20/2/2020).

Selain itu, panitia tidak segan untuk mendiskualifikasi para peserta. Seperti kesalahan formasi, hingga ketahuan menggunakan joki.

“Kita tangkap beberapa Joki di Sulsel. Tiap tahun selalu ada di sana kami tangkap. Ini sepertinya profesional penyedia jasa profesional dengan elektronik yang hebat. Kami tangkap dan menyerahkan ke kepolisian untuk ditindaklanjuti,” terangnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

CPNS bkn
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top