Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini, Jarak Polisikan Andre Rosiade Gara-gara Gerebek Prostitusi

Menurut Anggota DPP Jarak Indonesia, Donny Manurung, dalam menjalankan satu tugas sebagai wakil rakyat, anggota DPR RI terikat dengan etika.
Politisi Gerindra Andre Rosiade./JIBI-Jaffry Prabu Prakoso
Politisi Gerindra Andre Rosiade./JIBI-Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA - Jaringan Aktivis Indonesia (Jarak Indonesia) berencana melaporkan anggota DPR Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade ke Mabes Polri terkait penggerebekan PSK dan muncikari di Padang, Sumatera Barat. Rencananya, Andre akan dilaporkan hari ini, Senin (10/2/2020) sekitar pukul 11.00 WIB.

Menurut Anggota DPP Jarak Indonesia, Donny Manurung, dalam menjalankan satu tugas sebagai wakil rakyat, anggota DPR RI terikat dengan etika. Salah satu etika yang penting adalah bertindak sesuai dengan aturan.

"Koridor nilai-nilai kemanusiaan, dan juga harus memberikan perlindungan terhadap hak-hak warga negara. Itu seharusnya menjadi pedoman dan pegangan ketika menjalani tugas sebagai wakil rakyat," kata Donny melalui keterangan tertulis, Senin (10/2/2020).

Dalam hal ini, kata Donny, Undang-undang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) lebih pantas diberikan kepada orang yang diduga menjadi muncikari karena adanya unsur perdagangan manusia.

Menurut Donny, jika prostitusi dilakukan di suatu ruangan tertutup, maka pihak yang menyediakan tempat harus dimintakan pertanggungjawaban pidana.

"Jadi, ada kemungkinan Andre Rosiadi juga bisa jadi tersangka tindak pidana prostitusi dalam hal tersebut," ujarnya.

Dalam KUHP, kata Donny, tak disebutkan keuntungan dalam besaran uang. Namun menurut dia, keuntungan tersebut dapat juga dikonversi menjadi yang lain, yakni secara materil maupun immaterial.

Dalam teori hukumnya, Donny mengatakan bahwa pembantuan yang dimaksudkan dalam Pasal 56 ayat 1 KUHP atau mendahului terjadinya kejahatan seperti pada pasal 56 ayat 2 KUHP, termasuk dalam terminologi Pembantuan aktif atau active medeplichtigheid.

"Maka itu adalah benar-benar terjadi suatu gerakan untuk melakukan suatu tindakan dan pembantuan terjadinya tindak pidana prostitusi," kata Donny.

Donny menegaskan, perbuatan Andre Rosiade adalah perbuatan yang aktif, dengan memesan kamar melalui ajudan dan menyuruh suruhannya untuk memesan perempuan melalui aplikasi.

"Sehingga perbuatan tindak pidana prostitusi yang terjadi di kamar salah satu hotel tersebut, murni diinginkan oleh Andre Rosiade," ujarnya.

Penggerebekan PSK yang melibatkan Andre dilakukan pada 26 Januari lalu di salah satu hotel di Padang. Polisi menyatakan melakukan tindakan atas informasi dari Andre. Andre sendiri telah membantah melakukan penjebakan dalam penggerebekan itu. NN, PSK yang digerebek saat ini penahanannya ditangguhkan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper