Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Balas Kematian Soleimani, Iran Tembakkan Roket ke Pangkalan Udara AS

Iran mewujudkan ancaman pembalasannya terhadap Amerika Serikat. Negeri Republik Islam ini telah menembakkan puluhan roket ke pangkalan udara gabungan AS-Irak.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 08 Januari 2020  |  07:22 WIB
Peluncuran roket -
Peluncuran roket -

Bisnis.com, JAKARTA – Iran mewujudkan ancaman pembalasannya terhadap Amerika Serikat. Negeri Republik Islam ini telah menembakkan puluhan roket ke pangkalan udara gabungan AS-Irak.

Mengutip informasi Garda Revolusi Islam (IRGC), media televisi Iran melaporkan serangan tersebut terjadi pada Rabu pagi (8/1/2020) waktu Baghdad.

Seorang pejabat pertahanan AS mengkonfirmasikan bahwa telah terjadi serangan terhadap pangkalan udara Ayn al-Asad di Irak barat.

“Kami mengetahui laporan serangan terhadap fasilitas AS di Irak,” ungkap juru bicara pers Gedung Putih Stephanie Grisham dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari Bloomberg.

“Presiden [Donald Trump] telah diberi pengarahan serta tengah memantau situasi ini dengan cermat dan berkonsultasi dengan tim keamanan nasionalnya,” tambah Grisham.

Kepada televisi Iran, Garda Revolusi Islam mengatakan bahwa akan ada tindakan lebih lanjut yang dilancarkan sebagai respons atas serangan udara di Irak yang menewaskan Jenderal Iran Qasem Soleimani pada Jumat (3/1/2020).

“IRGC memberitahukan kepada Setan AS bahwa respons apa pun akan disambut dengan rasa sakit dan kehancuran yang jauh lebih besar,” tegas IRGC.

Kantor berita Iran Fars pada Selasa (7/1/2020) telah mengabarkan bahwa Iran tengah mencermati skenario merespons serangan AS yang menyebabkan kematian Soleimani

Mengutip perkataan kepala dewan keamanan nasional Iran, Fars mengabarkan bahwa Iran tengah mencermati 13 skenario potensial untuk pembalasan atas pembunuhan Soleimani, seperti dilansir dari Bloomberg.

Menyusul perkembangan terbaru serangan Iran Rabu pagi ini, indeks futures AS melemah sedangkan harga emas di pasar spot melonjak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iran as vs iran perang
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top