Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Artidjo Alkostar, Syamsuddin Haris, Albertina Ho, Harjono Sambangi Istana, Jadi Dewan Pengawas KPK?

Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar, mantan Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Alberita Ho, Peneliti Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris, dan mantan Hakim Mahkamah Konstitusi Harjono menyambangi Istana Negara. Mau dilantik jadi Dewan Pengawas KPK?

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo akan melantik Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019).

Sosok calon Dewan Pengawas yang sebelumnya masih ditutupi sekarang mulai terkuak. Berdasarkan pantauan Bisnis, ada empat orang tokoh nasional yang merapat ke Istana Presiden.

Keempat orang tersebut, yaitu mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar, mantan Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Alberita Ho, Peneliti Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris, dan mantan Hakim Mahkamah Konstitusi Harjono.

Syamsuddin Haris mengatakan sudah menerima pinangan Presiden Joko Widodo untuk menjadi Dewas Pengawas KPK.

"[Dikabari] semalam. Kita akan ingin menegakan pemerintah yanh bersih dengan memperkuat KPK," katanya di Istana Presiden, Jumat (20/12/2019).

Menurutnya, pelantikan Komisioner dan Dewan Pengawas KPK yang baru merupakan peluang Presiden Joko Widodo untuk menunjukkan komitmennya memberantas korupsi.

Terkait revisi UU KPK yang diketok beberapa bulan lalu, Syamsuddin menilai Jokowi dalam posisi terjepit.

"Memang waktu UU KPK direvisi tampaknya beliau [Presiden], tidak bisa menghindar sebab semua parpol mendukung revisi itu," lanjutnya.

Sementara itu, mantan Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Albertina Ho tidak banyak berbicara terkait pelatikannya sebagai salah satu Dewan Pengawas KPK.

"Bari dikasih tahu. Baru dikasih undangan ini. Jadi saya gak tahu. Inikan perintah jadi kalau diperintahkan kita sebagai warga negara, kita siap," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper