Polemik Cadar, Jokowi: Cara Berpakaian Itu Pilihan Pribadi

Presiden Joko Widodo mengatakan cara berpakaian itu merupakan pilihan pribadi.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 02 November 2019  |  10:17 WIB
Polemik Cadar, Jokowi: Cara Berpakaian Itu Pilihan Pribadi
Presiden Joko Widodo bersiap mengikuti upacara pelantikan presiden dan Wakil Presiden di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay - hp.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan cara berpakaian itu merupakan pilihan pribadi.

Pernyataan itu disampaikan oleh Jokowi menanggapi polemik penggunaan cadar atau niqab di institusi pemerintahan yang direncanakan oleh Menteri Agama yang baru saja dilantik, Fachrul Razi.

"Kalau saya ya yang namanya cara, cara berpakaian, cara berpakaian itu kan sebetulnya pilihan pribadi-pribadi, pilihan personal atau kebebasan pribadi setiap orang," kata Jokowi kepada jurnalis di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Kendati demikian, Jokowi mengatakan apabila sebuah institusi memiliki aturan maka ketentuan di sebuah institusi harus dipatuhi.

Seperti diketahui, Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan rencana pemerintah untuk melarang penggunaan niqab atau cadar untuk masuk ke instansi milik pemerintah. Hal tersebut, kata mantan Wakil Panglima TNI ini, karena alasan keamanan usai penusukan mantan Menko Polhukam Wiranto.

Fachrul mengatakan rencana itu masih dalam kajian. Namun, aturan itu sangat mungkin direkomendasikan oleh Kementerian Agama atas dasar alasan keamanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kemenag, cadar

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top