Demo Mahasiswa, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Seputaran Istana

Polisi kembali melakukan rekayasa lalu lintas di seputar area Istana Presiden sebagai imbas dari penutupan beberapa ruas jalan sebagai antisipasi aksi mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 Oktober 2019  |  13:51 WIB
Demo Mahasiswa, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Seputaran Istana
Kamera pengawas tertutup terpasang di kawasan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Foto diambil oleh Antara pada hari Senin 1 Juli 2019. - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Polisi kembali melakukan rekayasa lalu lintas di seputar area Istana Presiden sebagai imbas dari penutupan beberapa ruas jalan sebagai antisipasi aksi mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia, Kamis (17/10/2019) siang.

Kasubdit Bin Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir menyatakan arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Barat dari arah selatan dan utara ditutup. Arus diarahkan menuju Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Medan Merdeka Selatan. Selanjutnya akses Jalan Majapahit ditutup dan arus diarahkan ke Jalan Hayam Wuruk.

Menurutnya, pengguna kendaraan dari Jalan Veteran dapat melewati Jalan Suryopranoto. Masyarakat dapat melanjutkan perjalanan melewati Jalan Ir Haji Juanda.

Selain itu, akses Jalan Medan Merdeka Utara turut ditutup sehingga dialihkan ke Jalan Perwira. Akses Jalan Veteran 1, Veteran 2 dan Veteran 3 juga ditutup. Pengguna jalan dapat melalui Jalan Veteran menuju Jalan Suryopranoto, Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Ir Haji Juanda.

Sama seperti penutupan jalan di area MPR/DPR, polisi menggunakan water barrier dan kawat berduri dalam penutupan jalan ini.

Penutupan jalan di kawasan Istana Presiden yaitu Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Utara dan Jalan Majapahit mulai berlangsung sejak pukul 11.00 WIB. Selain penutupan jalan, polisi juga menurunkan 195 personel lalu lintas untuk pengamanan aksi ini.

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia telah mengumumkan akan melakukan aksi menuju Istana Presiden menuntut Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan Perppu terkait UU KPK yang disahkan pada September 2019.

Mereka dijadwalkan memulai aksi pada pukul 13.00 WIB dengan titik kumpul Patung Kuda Arjuna Wiwaha atau tepatnya di Jalan Merdeka Barat.

Massa yang hadir dalam aksi ini berasal dari seluruh mahasiswa yang tergabung dalam aliansi BEM SI se-Jabodetabek dan Banten.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
istana, demo mahasiswa, revisi uu kpk

Sumber : Antara

Editor : Hendra Wibawa
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top