Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elite Demokrat: Jangankan Prabowo, Jokowi Saja Tak Mungkin Menang di Atas 60 persen

Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon menyebut siapa pun pasangan calon yang menang di pemilihan presiden 2019 ini tak akan mencapai suara di atas 60 persen.
Jansen Sitindaon/Twiiter@jansen_jsp
Jansen Sitindaon/Twiiter@jansen_jsp

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon menyebut siapa pun pasangan calon yang menang di pemilihan presiden 2019 ini tak akan mencapai suara di atas 60 persen.

Hal ini disampaikan Jansen sekaligus menjelaskan kritik Demokrat terhadap apa yang mereka sebut sebagai setan gundul di koalisi pasangan calon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Jangankan Pak Prabowo, Pak Jokowi saja kami katakan tidak mungkin menang di atas 60 persen di pilpres ini," kata Jansen melalui pesan, Jumat (10/5/2019).

Jansen menjelaskan, Jokowi tak mungkin meraih 60 persen suara lantaran banyak masyarakat yang tak puas dengan kinerja pemerintahannya. Dia juga mengungkit perolehan suara Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ketika maju di pilpres 2009.

Jansen menyebut kala itu masyarakat puas dan ingin pemerintahan SBY berlanjut. SBY juga menang di seluruh provinsi di Pulau Jawa. Namun, perolehan suara nasionalnya hanya 60,80 persen. Angka itu, kata Jansen, menjadi rekor kemenangan pilpres di Indonesia hingga saat ini.

"Jadi berdasarkan analisis di atas tidak mungkin kami katakan akan ada capres yang menang di atas 60 persen, apalagi 62 persen."

Jansen berujar itulah alasan Demokrat mengkritik pihak yang menyuplai angka tersebut kepada Prabowo. Ketua Umum Partai Gerindra itu sebelumnya mendeklarasikan kemenangan dengan klaim meraih 62 persen suara berdasarkan hasil perhitungan manual atau real count yang dilakukan tim dan relawannya.

Namun, tim Prabowo tak pernah membuka secara jelas bagaimana angka tersebut diperoleh.

"Kami mengkritik setan gundul yang memberikan masukan itu ke Pak Prabowo, karena menurut kami sumber angka dan informasinya itu tidak jelas yang berakibat Pak Prabowo menjadi sesat karena masukan itu," kata Jansen.

Istilah setan gundul pertama kali dilontarkan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief. Andi menyebut ada elemen setan gundul yang muncul dalam perjalanan koalisi pengusung Prabowo-Sandiaga Uno. Menurut dia, setan gundul ini tak rasional dan mendominasi koalisi.

"Cilakanya Pak Prabowo mensubordinasikan dirinya. Setan gundul ini yang memasok kesesatan menang 62 persen," kata Andi Arief lewat akun Twitternya pada Senin (6/5/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper