Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Kasus Surat Suara Tercoblos, KPU Pastikan Pemilu di Malaysia tak Ditunda

Komisi Pemilihan Umum RI memastikan pelaksanaan pemilu di Malaysia tidak akan ditunda meski ada kasus surat suara tercoblos.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 12 April 2019  |  17:15 WIB
Loading the player ...
Heboh Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum RI memastikan pelaksanaan pemilu di Malaysia tidak akan ditunda meski ada kasus surat suara tercoblos.

Komisioner KPU Viryan Azis mengatakan, pihaknya saat ini masih menunggu hasil penyelidikan tim KPU yang berangkat ke Malaysia terkait insiden surat suara tercoblos.

"Kalaupun di Malaysia itu benar adanya, surat suaranya menjadi tidak sah. Tapi terkait kegiatan pemungutan dan penghitungan suara yang lain tetap berjalan sebagaimana biasa," ujar Viryan dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Dia menuturkan KPU dan Bawaslu telah sepakat untuk melakukan klarifikasi bersama insiden yang terjadi di Selangor, Malaysia tersebut.

Pagi ini KPU telah menerbangkan dua komisionernya, yaitu Ilham Saputra dan Hasyim Asy'ari ke Selangor, Kuala Lumpur, Malaysia untuk mengonfirmasi dan klarifikasi peristiwa surat suara tercoblos. Keduanya didampingi oleh Ratna Dewi Pettalolo yang mewakili Bawaslu RI.

Beberapa hal akan ditelusuri mulai dari keberadaan surat suara, kronologis kejadian, kondisi surat suara, hingga keterangan para saksi.

"Sepenuhnya kami akan menunggu hasil kerja dari teman-teman yang ke Malaysia. Setelah tim pulang ke Jakarta, kami akan langsung bahas di rapat pleno dan menentukan atas kondisi kasus di Selangor," kata Viryan

Seperti diberitakan sebelumnya, beredar video surat suara untuk pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dan salah satu Caleg Partai Nasdem yang telah dicoblos di Malaysia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surat suara Pemilu 2019 Pilpres 2019
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top