Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS Janjikan US$1 Juta untuk Informasi Anak Osama bin Laden

Amerika Serikat menawarkan hadiah sebesar US$1 juta untuk informasi tentang putra almarhum pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden yang dinilai sebagai pemimpin jaringan ekstremis.

Bisnis.com, JAKARTA – Amerika Serikat menawarkan hadiah sebesar US$1 juta untuk informasi tentang putra almarhum pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden yang dinilai sebagai pemimpin jaringan ekstremis.

Lokasi keberadaan Hamza bin Laden, kadang-kadang dijuluki "putra mahkota jihad," telah menjadi spekulasi selama bertahun-tahun. Dia pernah dilaporkan berada di Pakistan, Afghanistan atau di dalam tahanan rumah di Iran.

"Hamza bin Laden adalah putra mantan pemimpin Alqaeda almarhum Osama bin Laden dan muncul sebagai pemimpin dalam jaringan Alqaeda," menurut pernyataan Departemen Luar Negeri AS sebagimana dikutip ChannelNewsAsia.com, Jumat (1/3/2019).

Departemen Luar Negeri AS menyatakan akan menawarkan US$1 juta untuk informasi yang mengarah ke lokasinya di negara mana pun.

Hamza, yang menurut Amerika Serikat berusia sekitar 30 tahun, telah mengancam serangan terhadap Amerika Serikat untuk membalas pembunuhan ayahnya pada tahun 2011. Saat tu Osama tinggal di persembunyian di kota Abbottabad Pakistan ketika dibunuh oleh pasukan khusus AS.

Badan-badan intelijen AS semakin melihat Hamza sebagai penerus ayahnya untuk menggerakkan ekstremisme global, terutama karena kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang sudah mulai melemah di Suriah.

Pada tahun 2015, Hamza merilis pesan audio yang mendesak militan di Suriah untuk bersatu, mengklaim bahwa pertempuran di negara yang dilanda perang membuka jalan untuk "membebaskan Palestina."

Hamza diyakini telah menghabiskan bertahun-tahun bersama ibunya di Iran, meskipun ada kecaman keras Al-Qaeda terhadap cabang Islam Syiah yang mendominasi negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper