Trump dan Kim Siapkan Pertemuan Puncak Kedua

Presiden AS Donald Trump mengatakan tengah menyiapkan rencana pertemuan puncaknya yang kedua dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sembari mengakui ada kemajuan yang dicapai dalam pembicaraan pihak AS dengan negara yang lama terisolasi tersebut.
John Andhi Oktaveri | 10 Oktober 2018 09:58 WIB
Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjalan saat berlangsung KTT Korut dan AS di Hotel Capella, Pulau Sentosa Singapura, 12 Juni 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden AS Donald Trump mengatakan tengah menyiapkan rencana pertemuan puncaknya yang kedua dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sembari mengakui ada kemajuan yang dicapai dalam pembicaraan pihak AS dengan negara yang lama terisolasi tersebut.

"Ya, itu sedang terjadi dan kami sedang mengatur pertemuan itu sekarang," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih setelah mengumumkan pengunduran diri Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley.

Dia mengatakan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo telah mencapai kesepakatan soal rencana peremuan itu dan tiga atau empat lokasi sedang dipertimbangkan.

"Waktunya tidak akan terlalu lama lagi," katanya sebagaimana dikutip ChannelNewsAsia.com, Rabu (10/10/2018).

Pompeo pun mengomentari komentar Trump ketika dia berbicara singkat dengan wartawan selama kunjungan Selasa sore ke Gedung Putih.

"Meskipun masih ada jalan panjang dan banyak pekerjaan yang harus dilakukan, kita sekarang dapat melihat jalan di mana kita akan mencapai tujuan akhir kita, yang merupakan denuklirisasi menyeluruh dan terakhir dari Korea Utara," katanya.

Dia menambahkan bahwa "tiga atau empat lokasi" telah dicalonkan dan kemungkinan lokasinya bukan di Singapura.

Trump dan Kim mengadakan pertemuan puncak bersejarah pertama di Singapura pada 12 Juni dan saat itu Kim berjanji untuk bekerja menuju denuklirisasi di Semenanjung Korea.

 

Tag : kim jong un, Donald Trump
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top