Gempa 5,6 SR Guncang Guatemala

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa berkekuatan 5,6 skala richter mengguncang Guatemala pada Minggu (17/6/2018) waktu setempat.
Nirmala Aninda | 18 Juni 2018 11:10 WIB
Ilustrasi. - .Antara

Bisnis.com, JAKARTA-  Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa berkekuatan 5,6 skala richter mengguncang Guatemala pada Minggu (17/6/2018) waktu setempat.

Badan Penanggulangan Bencana Guatemala mengatakan gempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan, kondisi di sekitar Gunung Fuego yang baru-baru ini meletus dan menewaskan 110 orang juga dipastikan aman.

"Getaran yang kuat dirasakan namun seluruh masyarakat dalam keadaan tenang," ujar pejabat Badan Penanggulangan Bencana Guatemala dalam sebuah pernyataan dikutip melalui Reuters.

Seorang saksi mata seperti dikutip Reuters mengatakan gempa tidak dirasakan di ibukota Guatemala City.

Pusat gempa berada di dekat Pantai Pasifik kurang dari 12 mil (18,7 km) dari Escuintla, sebuah area di kaki gunung berapi Fuego yang menderita paling banyak kematian dan cedera akibat letusan gas dan abu yang dimulai dua pekan lalu.

Pada saat yang sama, Guatemala mengatakan bahwa pihaknya akan mengakhiri upaya untuk pencarian hampir 200 orang yang hilang dalam bencana itu.

Berdasarkan data USGS gempa bersumber dari kedalaman 62 mil atau 100 kilometer di bawah permukaan laut.

Tag : gempa, guatemala
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top