KTT AS-Korut: Ada Masakan Khas Korut di Menu Makan Siang Trump dan Kim Jong-un

Hidangan daging iga sapi dan babi asam manis masuk dalam menu makan siang Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Hotel Capella.
Renat Sofie Andriani | 12 Juni 2018 11:32 WIB
Pertemuan Trump dan Kim Jong-un - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Hidangan daging iga sapi dan babi asam manis masuk dalam menu makan siang Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Hotel Capella.

Dilansir dari Reuters, menu makan siang yang disiapkan untuk kedua pemimpin tersebut beserta rombongannya merupakan perpaduan rasa dari Timur dan Barat.

Daftar menu yang dirilis oleh pihak Gedung Putih menunjukkan bahwa kedua pemimpin akan menyantap makanan pembuka di antaranya koktail udang dan salad alpukat.

Ada pula hidangan salad mangga hijau bumbu Asia Tenggara dengan saus madu limau dan octopus segar, serta “oiseon”, sebuah hidangan asal Korea yang berisikan mentimun.

Tak ketinggalan, hidangan Korea yang disebut “daegu jorim”, yakni ikan cod tumis kedelai dengan lobak dan sayur-sayuran Asia.

Masuk dalam menu hidangan utama di antaranya adalah daging iga sapi yang disajikan dengan kentang olahan dan brokoli kukus, babi renyah manis dan asam, dan nasi goreng dengan saus cabai.

Adapun untuk hidangan penutup, Trump dan Kim beserta rombongan memiliki banyak pilihan rasa seperti dark chocolate tartlet ganache, es krim Haagen Daaz rasa vanila dengan ceri dan tropezienne, kue berisikan krim.

Sebelum makan siang berlangsung, kedua pemimpin paling kontroversial tersebut menggelar pertemuan tertutup yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral dengan didampingi sejumlah pejabat pemerintahan masing-masing negara.

Menjawab pertanyaan awak media mengenai bagaimana pertemuan itu berlangsung, Trump berkata, “Sangat baik. Sangat, sangat baik. Hubungan yang baik.”

Kim juga terdengar positif tentang prospeknya.

“Kami mengatasi semua jenis skeptisisme dan spekulasi tentang KTT ini dan saya percaya bahwa hal ini baik untuk perdamaian,” katanya.

Dalam pertemuan bilateral itu, Trump didampingi Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Penasihat Keamanan Nasional John Bolton, dan Kepala Staf Gedung Putih John Kelly.

Sementara itu, pejabat yang mendampingi Kim di antaranya adalah mantan kepala intelijen militer Kim Yong-chol, menteri luar negeri Ri Yong-ho dan wakil ketua Partai Buruh yang berkuasa Ri Su-yong.

Tag : kim jong un, Donald Trump
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top