Untuk Palestina, Menlu Retno Galang Dukungan Eropa

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan berkunjung ke Brussel, Belgia, untuk menggalang dukungan Uni Eropa (UE) bagi kemerdekaan Palestina.
Newswire | 14 Desember 2017 01:35 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi - Bisnis.com/Dedi Gunawan

Kabar24.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan berkunjung ke Brussel, Belgia, untuk menggalang dukungan Uni Eropa (UE) bagi kemerdekaan Palestina dan menyampaikan hasil Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT-LB OKI) tentang Yerusalaem di Istanbul, Turki.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Guerend di Jakarta, Rabu malam (13/12/2017), mengonfirmasi rencana pertemuan Menlu Retno dan Menlu UE Federica Mogherini yang akan dilakukan di Brussel, Belgia, pada Kamis (14/12/2017).

"Menteri Retno akan mengunjungi Brussel setelah menghadiri pertemuan khusus OKI di Istambul. Pertemuan ini diusulkan oleh Menteri Retno untuk membahas masalah Yerusalem dengan Uni Eropa," kata Guerend.

Dubes UE untuk Indonesia juga mengonfirmasi bahwa Mogherini telah setuju bertemu dengan Menlu Retno karena UE juga memiliki pandangan yang identik dengan Indonesia terkait Yerusalem.

Pandangan itu terutama terkait solusi dua negara bagi Israel dan Palestina, dan kedua negara harus dapat berdampingan dengan damai.

Guerend mengatakan UE memiliki tanggung jawab khusus terkait masalah Timur Tengah, terutama karena selalu disebut berada di pihak Israel, tetapi di saat yang sama dan dalam porsi yang sama UE juga berada di pihak yang mendukung bahwa Bangsa Palestina berhak mendapatkan negara yang merdeka.

"UE mendukung kedua negara, Israel di satu sisi, dan Palestina di sisi lainnya, harus dapat berdampingan dengan damai," kata Guerend.

Sementara itu, Menlu Retno melalui pesan video yang dikirimkan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir dari Istanbul mengonfirmasi bahwa kunjungan ke Brussel untuk menyampaikan hasil pertemuan OKI kepada perwakilan tinggi urusan luar negeri dan kebijakan keamanan UE.

Sumber : Antara

Tag : palestina
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top