Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Tahun Pemerintahan Jokowi: Ini Catatan ICW di Sektor Ekonomi

Indonesia Corruption Watch memberikan beberapa catatan terkait sektor ekonomi berkeadilan dan pengelolaan sumber daya alam selama tiga tahun pemerintahan Joko Widodo.
 Indonesia Corruption Watch (ICW)/Antara
Indonesia Corruption Watch (ICW)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia Corruption Watch memberikan beberapa catatan terkait sektor ekonomi berkeadilan dan pengelolaan sumber daya alam selama 3 tahun pemerintahan Joko Widodo.

Firdaus Ilyas, Koordinator Divisi Monitoring dan Analisis Anggaran Indonesia Corruption Watch (ICW) mengatakan, setelah 3 tahun pemerintahan Jokowi – JK berjalan, terdapat beberapa catatan yang berkaitan dengan sektor ekonomi.

“Hal pertama, dalam sektor sumber daya alam, pemerintah belum optimal dalam memperbaiki dan menata pengelolaan kekayaan SDA. Ini terang bukan hal yang menggembirakan, mengingat pengelolaan kekayaan SDA yang baik dapat berdampak besar bagi kemakmuran rakyat,” ujarnya, dalam paparan Pemberantasan Korupsi Pemerintahan Jokowi, Jumat (20/10/2017).

Dia melanjutkan, belum optimalnya pemerintah dalam mengelola kekayaan SDA paling tidak terlihat dari penataan izin pertambangan mineral dan batu bara di Kementerian ESDM. Penataan izin pertambangan mineral dan batu bara hingga kini masih berlarut-larut.

Dari 9.147 Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang tercatat pada Korsup Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), per Agustus 2017 hanya sebanyak 6.548 IUP yang berstatus clean and clear. Sementara itu, 2.599 IUP lainnya berstatus non-clean and clear dan harus dicabut atau dihentikan izinnya. "Hingga kini proses penataannya pun belum jelas kelanjutannya."

Hal lain, paparnya, adalah lambatnya amandemen Kontrak Karya (KK) dan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B). Hingga Juni 2017, dari total 102 KK/PKP2B baru 58 (yaitu; KK 21, PKP2B 37) yang setuju untuk diamandemen, sedangkan 48 lainnya (KK 12, PKP2B 32) belum disetujui.

“Catatan lain mengenai sektor pertambangan adalah gagalnya Indonesia menguasai tambang PT Freeport Indonesia 100% pada 2021 serta skenario divestasi saham yang tidak jelas,” lanjutnya.

PERPAJAKAN

Hal lainnya yang menjadi sorotan ICW adalah aspek perpajakan. Rasio penerimaan pajak Indonesia hingga 2016 tidak mengalami kenaikan. Pada 2014, rasio penerimaan pajak sebesar 11,9%, lalu pada 2015 sebesar 10,9%. Kemudian pada 2016 sebesar 10,3%. Hal tersebut jelas tidak begitu menggembirakan mengingat pemerintah telah menargetkan rasio penerimaan pajak Indonesia menjadi 16% pada 2019.

Dia melanjutkan, pada 2016, Pemerintah Indonesia mengeluarkan program pengampunan pajak yang dari sisi deklarasi harta memang dapat dianggap cukup sukses dengan mencapai angka Rp4.884 triliun, tetapi dari jumlah tersebut hanya Rp147 triliun yang akan direpatriasi.

Penagihan piutang negara yang dilakukan Pemerintah Indonesia juga tidak optimal. Ini dapat terlihat dari Kenaikan Piutang (bruto) dari Rp242 triliun 2014 menjadi Rp 276 triliun (2016), serta kenaikan penyisihan piutang tidak tertagih dari Rp149 triliun (2014) menjadi Rp185 triliun (2016).

Di sisi lain, terkait isu subsidi energi, dia melihat pencabutan subsidi energi sayangnya tidak diimbangi dengan perbaikan transparansi dan akuntabilitas sektor energi. Setelah tim reformasi Migas (2015) dan pemberantasan mafia energi, perbaikan di Pertamina juga belum jelas arahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper