Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pebisnis Khawatirkan Prospek Catalonia

Pelobi bisnis Catalan yang berpengaruh Cercle d'Economia mengatakan pada Rabu (4/10/2017) pihaknya sangat khawatir dengan prospek Catalonia yang mengumumkan kemerdekaan dari Spanyol dan meminta para pemimpin dari kedua belah pihak untuk memulai perundingan.
Warga Barcelona mengibarkan bendera  Catalonia/Reuters
Warga Barcelona mengibarkan bendera Catalonia/Reuters

Bisnis.com, MADRID - Pelobi bisnis Catalan yang berpengaruh Cercle d'Economia mengatakan pada  Rabu (4/10/2017) pihaknya sangat khawatir dengan prospek Catalonia yang mengumumkan kemerdekaan dari Spanyol dan meminta para pemimpin dari kedua belah pihak untuk memulai perundingan.

“Deklarasi semacam itu akan membuat negara ini menjadi situasi yang sangat kompleks dengan konsekuensi yang tidak diketahui, tetapi sangat serius," kata pelobi tersebut dalam sebuah pernyataan.

Lobi tersebut juga mengecam kekerasan pada  Minggu (1/10/2017), dengan mengatakan bahwa hubungan Catalan-Spanyol telah memburuk sebagai konsekuensinya, setelah polisi anti huru hara Spanyol terlihat memukul tentara Catalan yang berusaha memberikan suara dalam pemungutan suara yang menurut pemerintah tidak sah.

Catalunya sebuah wilayah otonomi Spanyol yang memiliki luas wilayah 32.114 km² dan populasi 6.995.206 jiwa (2005). Ibu kotanya ialah Barcelona. Pada abad kesembilan, Catalunya paling terdampak akibat Perang Napoleon dan Carlist. pada paruh kedua abad Catalunya mengalami industrialisasi. Karena kekayaan dari ekspansi industri tumbuh, Catalunya melihat kebangkitan budaya digabung dengan nasionalisme di saat bermunculan berbagai gerakan pekerja.

Pada 1914, empat provinsi Katalan membentuk Persemakmuran, dan dengan kembalinya demokrasi melalui Republik Spanyol Kedua (1931–1939), Generalitat de Catalunya dipulihkan sebagai pemerintah otonom. Setelah Perang Sipil Spanyol, kediktatoran Francoist memberlakukan tindakan represif, menghapuskan lembaga Katalan dan melarang penggunaan bahasa Katalan secara resmi.

Dari akhir 1950-an sampai awal 1970-an, Catalonia melihat pertumbuhan ekonomi yang pesat, menarik banyak pekerja dari seluruh Spanyol, membuat Barcelona menjadi salah satu daerah metropolitan industri terbesar di Eropa dan mengubah Catalunya menjadi tujuan wisata utama. Karena transisi Spanyol menuju demokrasi (1975-1982), Catalunya telah memperoleh kembali beberapa otonomi politik dan budaya dan sekarang menjadi salah satu komunitas yang paling dinamis di Spanyol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper